IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

USULAN PEMBENTUKAN KEMENTRIAN KEAMANAN DALAM NEGRI DAN DEWAN KEAMANAN NASIONAL OLEH GUBERNUR LEMHANAS

Indonesiabicara.com|JAKARTA-31/12/2021 – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo mengusulkan pembentukan Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional.

Usulan ini muncul lantaran belum ada lembaga politik yang merumuskan kebijakan nasional dalam fungsi keamanan dalam negeri.

Menurut Agus widjojo Dibutuhkan lembaga politik setingkat kementerian yang diberi mandat portofolio untuk merumuskan kebijakan nasional dalam fungsi keamanan dalam negeri, hal itu dibeberkannya dalam pernyataan akhir tahun 2021,yang dikutip dari keterangan tertulis, pada hari Jumat (31/12/2021).

Kedepannya Dengan pembentukan kementerian keamanan ini, Indonesia akan memiliki bagian dari pembangunan sistem nasional yang efektif dan efisien melalui peningkatan kapasitas kelembagaan.

 “Belum adanya lembaga yang mengurusi keamanan dalam negeri saat ini seperti terjadi kevakuman dalam bidang keamanan dalam negeri,Padahal penting untuk merumuskan kebijakan keamanan dalam negeri,” kata Agus.

Selain itu Agus juga menyarankan pemerintah pusat menggagas Dewan Keamanan Nasional yang didayagunakan untuk menjamin keterpaduan perumusan dan pengawasan sebuah kebijakan nasional.yang tugasnya fokus mengawasi kebijakan-kebijakan terkait keamanan nasional, juga dapat didayagunakan untuk merumuskan dan mengendalikan kebijakan secara umum.

“Agar menghilangkan duplikasi peran antar lembaga, sebaiknya diwaspadai adanya kekosongan dalam menjamin keterpaduan dan merumuskan serta mengimplementasikan kebijakan,Pembangunan kapasitas kelembagaan menjadi salah satu program prioritas demi menghindari adanya tumpang tindih peran dan fungsi antar lembaga,” imbuh dia.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.