IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pedagang Pasar Johar Semarang Tolak Relokasi

IndonesiaBicara-Semarang. Lebih dari 700 orang pedagang Kawasan Pasar Johar Semarang, yang terdiri atas pedagang Pasar Johar, Pasar Yaik dan Pasar Kanjengan Semarang mendatangi kantor Gubernur Jl Pahlawan Semarang. Mereka melakukan Aksi Unjuk Rasa  menolak rencana dibongkarnya Pasar Kanjengan oleh investor. Salah satu Aliansi yang ikut serta adalah Aliansi Masyarakat Pedagang Kawasan Pasar Johar Semarang (AMPEKJOS) yang dipimpin oleh Prasetyo, danKetua Panitia Hanafi.

Pada tanggal 5 Juni 2009 para pedagang Pasar Kanjengan telah menerima surat dari PT. Pagar Gunung Kencana untuk melakukan pengosongan Blok C dan Blok D. Dan pada 15 Juni 2009 PT. Pagar Gunung Kencana akan membongkar Blok C dan Blok D. Selanjutnya, Pasar Yaik akan direlokasi dan dijadikan satu dengan Pasar Johar menjadi bangunan 6 lantai. Sedangkan bangunan lama Pasar Johar akan dijadikan tempat pameran kuliner.

Lokasi baru bagi pedagang Pasar Kanjengan yang diberikan oleh Dinas Pasar adalah :
1.  Pasar pagi akan dipindahkan ke tempat parkir lantai 3 dan 4
2.  Toko emas dan mutiara akan dipindahkan di SCJ
3. Buah akan dipindahkan ke rejomulyo
4. Unggas akan dipindahkan ke wilayah pedurungan

Ketua Umum AMPEKJOS, Bp Mudasir menyatakan bahwa terjadinya terjadinya aksi ke kantor Gubernur tersebut adalah karena tersumbatnya komunikasi dengan pemkot. Pemkot Semarang tidak pernah mengakomodir aspirasi para pedagang. Menurutnya, tidak berhasilnya para investor membangun pasar dapat dilihat dari kondisi Pasar Dargo saat ini dan Pasar SCJ yang dibangun menjadi Matahari Johar, yang sekarang sudah tutup. Aksi ini adalah murni aspirasi pedagang dan non-politis, selain menindak lanjuti kunjungan kerja wapres beberapa waktu yang lalu. (Ayu)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.