IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

UI Beri Gelar Honoris Causa Untuk BJ Habibie

Depok, (ANTARA News) РUniversitas Indonesia (UI) memberikan gelar Honoris Causa atau gelar doktor kehormatan dalam bidang Filsafat Teknologi kepada mantan Presiden RI, Prof. Dr. Ing. Bachruddin Jusuf Habibie

“Saya menyadari bahwa penghargaan ini bukan hanya untuk pribadi, tapi untuk anak-anak intelektual saya dan para cendikiawan,” kata Habibie, dalam sambutan menerima penghargaan tersebut, di Balairung, UI, Depok, Sabtu.

Rektor UI, Prof. Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan dalam visinya untuk membangun BJ Habibie adalah sosok ilmuwan atau teknokrat kreatif dan inovatif yang tidak mengabaikan hasil pemikiran filosofi Jerman.

Habibie, lanjut Gumilar, sering melakukan kajian dan penerapan filsafat teknologi yang mendalami bidang teknologi itu sendiri dan dikaitkan dengan filsafat ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun praktis.

“Habibie sangat menaruh minat besar terhadap aspek kemasyarakatn dan aspek etis dari teknologi, ” katanya.

Dikatakannya mantan presiden RI ketiga tersebut menginginkan agar industrialisasi melalui alih ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dilepaskan dari prinsip filosofi pragmatis.

Menurut Gumilar ada tiga prinsip filosofis berkenaan dengan teknologi. Pertama teknologi tidak bebas nilai. Kedua keterikatan antara teknologi dan kebudayaan. Ketiga kesiapan infrastruktur etis bagi teknologi.(*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.