IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Tingkat Kelulusan Ujian Akhir SMA/SMK Tahun 2011 di Karangasem

IndonesiaBicara-Amlapura, (19/05/11). Rasa cemas yang menggayuti sebelum pengumuman hasil Ujian Nasional tahun 2011, akhirnya terjawab setelah Senin (16/05) diumumkannya hasil Unas secara serentak di seluruh tanah air. Tak pelak pelbagai ekspresi siswa-siswi terekam dalam laporan media. Kabupaten Karangasem ternyata menuai nasib mujur pada pengumuman tahun ini dengan membukukan tingkat kelulusan membanggakan dengan hanya menyisakan siswa tak lulus sebanyak 1 orang dari sekolah kejuruan SMK Nasional Amlapura.

Kadisdik Karangasem I Gede Ariasa mengatakan, pengumuman hasil Unas tingkat SMA menempatkan Bali sebagai Propinsi dengan tingkat kelulusan terbaik nasional, sementara Kabupaten Karangasem menempati posisi lima besar dengan rata-rata nilai diatas rata-rata nasional.

Untuk kelulusan SMA berhasil lulus 100% dengan peserta Unas 2.494 peserta sementara untuk tingkat SMK lulus 99,86% dari 716 peserta hanya 1 orang gagal karena tersandung jatuh pada hasil ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia. Menurut Ariyasa, kendati satu orang tercatat gagal namun Karangasem mampu mempertahankan posisi di rangking kelima tingkat Propinsi baik untuk kategori SMA maupun SMK. Disamping itu Karangasem juga berhasil menempatkan SMAN 2 Amlapura dan SMAN I Kubu menempati 10 besar sekolah terbaik di Bali untuk jurusan Bahasa Indonesia yakni SMAN II rangking empat dan SMAN I Kubu rangking delapan.

Untuk katagori perorangan Karangasem juga mengantarkan I Wayan Widana siswa SMAN I Rendang menempati peringkat I se-Propinsi Bali untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai 55,2.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg mengatakan, keberhasilan yang dicapai dalam pembangunan sektor pendidikan merupakan hasil kerja keras seluruh komponen. Hal ini membuktikan bahwa Karangaem masih dapat bersaing dengan daerah lain manakala dilakukan dengan penuh kedisiplinan dan semangat tanpa kenal menyerah.

Untuk mempertahankan prestasi tahun mendatang diharapkan segenap jajaran tehnis mampu mendorong dan memotivasi peran aktif masyarakat baik dari kalangan siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum. Prestasi yang membanggakan tersebut perlu ditingkatkan terus dimasa yang akan datang yang menuntut peran dan tanggungjawab semua pihak.

Masih banyak tantangan yang dihadapi dalam membangun dunia pendidikan Karangasem, untuk itu kemampuan menggenjot PAD harus terus diupayakan sehingga mampu membiayai banyak program untuk kepentingan masyarakat. (Din/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.