IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Stok Darah PMI Makassar Mulai Kritis

IndonesiaBicara-Makassar, (08/09/11). PMI Makassar pasca lebaran ini mengalami krisis persediaan darah, Wakil Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah, Burhanuddin Nurmengatakan kekurangan stok ini sudah kami antisipasi dari bulan Juli 2011, tetapi stok darah tersebut hanya mampu untuk bulan ramadhan.

Burhanuddin Nur menambahkan, pasca lebaran ini memang stok darah di PMI Makassar mulai menipis, hal ini disebabkan karena banyaknya permintaan darah pada bulan Ramadhan dan berkurangnya pendonor waktu puasa.

Bulan Juli 2011 telah terkumpul 1.400 kantong darah, Agustus 2011 terkumpul 500 kantong. Semua itu belum mencukupi kebutuhan darah di bulan September 2011.

Burhanuddin menyatakan kendala saat ini adalah kurangnya pendonor saat bulan puasa sampai pasca Lebaran, sementara permintaan meningkat. Hal tersebut dikarenakan maraknya balap liar saat subuh, ibu hamil dan kecelakaan saat lebaran.

Stok darah yang dibutuhkan sekitar 100 kantong per-hari. Dirinya berharap rakyat sadar akan pentingnya donor darah, kepada Pemerintah sebaiknya sertakan golongan darah warga pada KTP elektronik, agar terdata semua jenis golongan darah rakyat di Indonesia. (zxr)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.