IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

SPBN Seraya Diserbu Nelayan Satu Tangki Ludes Dalam Sekejap

IndonesiaBicara.com-Amlapura, (14/03/12). Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di Seraya Timur, Karangasem, sudah lama kosong. Saat mobil tangki yang membawa BBM bersubsidi jenis premium datang, Selasa (13/03), ribuan nelayan menyerbu SPBN itu untuk mendapatkan premium. Satu mobil tangki BBM isi 8000 liter pun ludes dalam sekejap.

Dari pantauan di SPBN Seraya Timur, Rabu (14/03) terlihat tulisan “Minyak Habis” di depan SPBN. Warga setempat Wayan Merta mengatakan saat mobil tangki BBM yang membawa premium 8000 liter itu datang, ribuan nelayan dari puluhan kelompok nelayan di Seraya dan warga sekitar langsung menyerbu SPBN itu. Sejak tiba sekitar pukul 11.00 WITA di SPBN, empat jam kemudian sekitar pukul 15.00 WITA, premium di SPBN sudah ludes.

Merta mengatakan konsumsi BBM di Seraya Timur, khususnya bagi nelayan setempat cukup tinggi. Sekali melaut seorang nelayan bisa menghabiskan 5-10 liter bensin setiap hari.

Menurut warga, mobil tangki yang membawa BBM bersubsidi dalam sebulan hanya datang 4-8 kali. Kondisi itu jelas tidak mencukupi kebutuhan para nelayan, dan membuat nelayan kecewa. Warga berharap mobil tangki bisa datang 2-3 kali sehari, agar kebutuhan premium bagi nelayan terpenuhi.

Diserbunya SPBN Selasa (13/03), juga sebagai dampak dari larangan bagi warga yang membeli BBM jenis premium dengan menggunakan jerigen.

Sebelum larangan itu diberlakukan, saat kehabisan BBM di SPBN Seraya Timur, para nelayan dan warga lainnya membeli BBM premium di SPBU Jasri, sekitar 20 km dari Seraya Timur. Namun hal itu sudah tidak boleh dilakukan lagi, semenjak ada larangan membeli premium menggunakan jerigen.

Di Seraya ada sekitar 33 kelompok nelayan, dengan anggota keseluruhan sekitar 3400 nelayan. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.