IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Rohaniawan dan DAP Dukung Pendekatan _Soft Approach_ Papua

Indonesiabicara.com|14/01/2022- Mengatasnamakan Gereja Katholik, para Pastor mendorong pemerintah Indonesia agar melakukan pendekatan yang bersifat soft approach dalam bentuk membuka ruang dialog dengan masyarakat Papua, khususnya United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Para Rohaniawan Katholik tersebut berharap duta besar negara-negara sahabat juga turut serta didalam memberikan support terhadap pendekatan soft approach yang diambil. Diharapkan para duta besar turut mendesak semua kubu yang berperang, TNI/POLRI maupun TPN-OPM agar segera mengadakan gencatan senjata atau jeda kemanusiaan.

Sejalan dengan sikap para rohaniawan tersebut, Dewan Adat Papua (DAP) memberikan himbauan kepada masyarakat Papua untuk mengedepankan pendekatan yang bersifat soft approach seperti resolusi konflik didalam menyelesaikan konflik yang muncul. Hal tersebut mereka sampaikan saat menanggapi pertikaian antar warga di Wamena.

DAP melihat adanya urgensi untuk mengambil langkah soft approach dalam bentuk melakukan proses perdamaian dan rekonsilasi yang melibatkan dua suku Nduga dan suku Lanny yang sedang berperang.

DAP melihat proses rekonsiliasi tidak berhenti pada bayar membayar dan ganti-mengganti kerugian, tapi lebih penting rekonsilasi persatuan untuk menciptakan Wamena sebagai rumah kita bersama.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.