IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Ratusan Batang Kayu Illegal Diamankan

Ratusan batang kayu illegal diamankan.

IndonesiaBicara-Unahaa, (03/03/10). Camat Abuki, bersama warga Kelurahan Abuki dan dibantu aparat Polsek Abuki, mengamankan kayu olahah yang dihanyutkan diatas sungai Anggoro, sedikitnya 63 rakit atau sekitar 756 batang yang juga diperkirakan mencapai 30 meter kubik, jenis kayu rimba campuran, yang berukuran 12 cm x 12 cm, selanjutnya di giring ke sungai Lahumbuti.

Camat Abuki Harmin Ramba, saat ditemui di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kelurahan Abuki, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, mengatakan kayu olahan tersebut diperkirakan berasal dari hulu sungai Anggoro, Kecamatan Abuki. Informasi dari masyarakat menyatakan bahwa ada kayu olahan yang dibawa sekitar lima belas orang, dengan cara dihanyutkan di atas sungai berbentuk rakit. Kemudian Harmin menyatakan dirinya bersama warga dan aparat Kecamatan dan Lurah Abuki Iwan Porosi, langsung bergerak menuju TKP.

Menurut Harmin, hampir semua Kepala Desa di wilayahnya, banyak terjadi illegal logging, dan sudah marak terjadi di hutan Abuki, sehingga dia meminta masyarakat untuk mengintai aksi para pembalak liar tersebut, dan untuk sementara kayu tersebut yang telah berbentuk balok disita, dan pihak Kepolisian akan membuat laporannya yang selanjutnya akan diserahkan ke Dinas Kehutanan untuk diproses lebih lanjut.

Apabila kayu tersebut lolos, maka negara dirugikan puluhan juta rupiah, misalnya per meter kubiknya saja seharga Rp 2,5 juta dikalikan 30 meter kubik, sudah mencapai Rp 75 juta, dan menurut Harmin, illegal logging itu harus diperangi. Pasalnya selain merugikan negara dari segi materi juga merusak lingkungan terutama daerah aliran sungai karena berada dihulu sungai.

Dia juga mengakui, sudah sering terjadi dan melintas di sungai tersebut tetapi tidak ada yang tertangkap dan ditemukan, sehingga dia mengharapkan agar kasus illegal logging tersebut menjadi perhatian, terutama yang terjadi di wilayahnya. “Saya sangat konsisten untuk memerangi illegal logging,” katanya

Sementara itu Kapolsek Abuki, A. Ladianto, saat dikonfirmasi di TKP, membenarkan jika kayu tersebut adalah ilegal, tanpa izin olahan, akan tetapi tidak ada pihak yang tertangkap, sehingga tidak diketahui siapa pemiliknya. Pihaknya akan mengusut kasus illegal logging tersebut, dia juga membantah saat ditanya wartawan, jika ada keterlibatan aparat, dan menurutnya, tidak aparat yang terlibat, dan menurutnya, illegal logging tersebut melanggar Undang-undang No 41 tahun 1990 tentang Kehutanan.

“Tadi saat kami tiba di lokasi sempat terjadi kejar-kejaran, tetapi tidak ada yang tertangkap, anggota saya juga sempat melepaskan tembakan peringatan sebayak dua kali, tetapi para pelaku tetap melarikan diri dan meninggalkan kayunya, sebenarnya ada yang hampir tertangkap tetapi aparat saya terjatuh kesungai, sehingga pelakunya lolos, ” tutur Ladianto. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.