IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PPK Tuding Camat Hambat Administrasi

IndonesiaBicara-Lampung Barat, (08/06/12). Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batuketulis Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gerah terhadap tindakan oknum Camat di daerah setempat, karena dianggap kerap menghambat administrasi yang membutuhkan tandatangan orang nomor satu di kecamatan tersebut.

Dihambatnya pengurusan administrasi yang berkaitan dengan pihak kecamatan itu, diindikasikan karena oknum camatnya meminta dana setoran dari PPK setiap kali pencairan dana kegiatan PPK tersebut.

Ketua PPK Batuketulis Nurwita ketika dikonfirmasi, mengakui jika pihaknya sebagai perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di tingkat Kecamatan, merasa kesulitan mengurus setiap administrasi PPK yang membutuhkan rekomendasi maupun bubuhan tanda tangan camat dalam setiap berkas.

Dikatakan Nurwita, dengan kondisi tersebut membuat dirinya bersama dengan anggota PPK lainnya merasa terganggu dalam melaksanakan tugas. “Kami ini kan dibentuk dan dilantik oleh KPUD, untuk menyukseskan pemilu. Dan kesuksesan pemilu ini bukan hanya tanggunggjawab kami saja, melainkan juga semua pihak termasuk kecamatan. Sementara ini pihak kecamatan terkesan menghambat jika kami mengajukan berkas, terutama yang membutuhkan tandatangan pak camatnya,” tutur dia.

Berbagai alasan yang disampaikan oknum camat tersebut menurut Nurwita, untuk sengaja menghambat administrasi yang harus segera diselesaikan oleh pihaknya. Kuat dugaan, upaya menghambat tersebut dilakukan oleh oknum camat itu adalah untuk meminta uang setoran. “Kalau seperti ini terus kami lebih baik mundur, karena banyak juga kegiatan lain yang harus kami selesaikan,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika secara terang-terangan oknum camat tersebut memang tidak pernah meminta uang kepada pihaknya selaku PPK. Namun berbagai upaya menghambat tersebut kuat mengindikasikan oknum camat tersebut meminta setoran.

Pihaknya berharap semua lini tidak terkecuali kecamatan, dapat saling bekerjsama untuk menyukseskan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang akan berlangsung 27 September mendatang

Sementara itu di tempat terpisah, Camat Batuketulis Helmi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya  mengaku tidak pernah menghambat semua administrasi yang berkaitan dengan urusan PPK. “Tidak ada yang saya hambat. Semua berkas yang masuk, kita selesaikan,” ujarnya singkat. (Eko)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.