IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PMI Kendari Kekurangan Stok Darah

IndonesiaBicara.com–Kendari, (05/11/10). Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI) kota Kendari, kekurangan stok darah, diakibatkan banyaknya pasien yang membutuhkan darah. Hal tersebut diungkapkan teknisi UTDD PMI Sultra Munawar,saat di temui di kantornya Kamis (04/11).

“Persediaan darah yang di siapkan oleh pihak Unit Transfusi Darah Daerah (UTDD) PMI saat ini mulai menipis, bahkan ada salah satu dari jenis darah kosong. Golongan darah O misalnya, saat ini kehabisan stok darah,” ujarnya.

“Meskipun dalam beberapa bulan terakhir ini hanya beberapa orang yang membutuhkan darah O, tetapi kami akan mengupayakan pengadaan golongan darah O,” tambahnya.

Hingga saat ini, stok darah yang masih tersisa di UTDD PMI sekitar 40 kantong, diantaranya jenis darah golongan A sebanyak tiga kantong, golongan darah B sebanyak 20 kantong, dan golongan darah AB sebanyak tujuh kantong.

Pihak UTDD PMI Sultra telah melakukan kerja sama untuk menggelar kegiatan donor darah di Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo, Senin (01/11), namun hasilnya belum mencukupi stok darah yang dibutuhkan saat ini. Kerja sama ini juga akan di lakukan dengan Ahmadiah, Sabtu (06/11) mendatang.

Saat ini pasien yang membutuhkan golongan darah yang lagi kosong persediaanya, terpaksa harus mencari keluarga yang sama dengan golongan darah pasien tersebut. “Kita berharap masyarakat untuk sadar agar melakukan kegiatan donor darah agar kebutuhan darah bisa segera terpenuhi,” pungkas Munawar. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.