IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

PIK-KRR Yoana Jnana Yoga Bebandem Dinilai Tim Propinsi

IndonesiaBicara-Amlapura (18/03/11). Pusat Infomasi Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) Yoana Jnana Yoga Kecamatan Bebandem Karangasem, (17/03) dinilai Tim Propinsi Bali yang dipimpin oleh AA Suryadharma.

Ketua PIK-KRR Yoana Jnana Yoga Bebandem I Komang Adi Wirajaya menginformasikan, PIKā€“KRR Yoana Jnana Yoga Bebandem didirikan tanggal 1 April 2008 dengan Surat Keputusan Camat Bebandem Nomor 12 tahun 2008. Adapun tujuan dibentuknya PIK-KRR adalah untuk mengantisipasi terjadinya pengaruh negatif dari perilaku seks bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan obat terlarang dan narkoba serta menanamkan arti penting kesehatan reproduksi remaja dalam mewujudkan masa depan remaja yang sehat dan produktif.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan kegiatan sosialisasi ditingkat Banjar, sekolah serta komunitas pemuda lainnya bekerjasama dengan organisasi pemuda tradisional Sekaa Teruna-Teruni (STT). Melalui kegiatan tersebut diharapkan masa depan ramaja dapat diselamatkan dari ancaman prilaku negatif dalam beberapa aspek tersebut.

Ketua Tim Penilai Propinsi AA Suryadharma mengatakan, Kabupaten Karangasem dalam penilaian kali ini diwakili PIK-KRR Kecamatan Bebandem dan Sidemen, memperoleh kunjungan tim Propinsi untuk mengetahui dari dekat kegiatan dan aktifitasnya sekaligus menilai kelompok dalam melaksanakan misi PIK-KRR di tengah masyarakat khususnya kalangan remaja.

Sebagaimana diketahui akibat modernisasi perkembangan zaman banyak anak-anak muda terseret kedalam budaya pergaulan bebas, penggunaan barang terlarang narkoba sehingga mengancam kesehatan dan keselamatan pemuda dalam bayangan masa depan yang suram. Kesehatan reproduksi remaja penting ditanamkan agar diketahui fungsi dan manfaatnya dalam proses alami tubuh manusia. Jika alat reproduksi tidak dijaga dan disalahgunakan diluar norma agama dan tata nilai sosial serta kesehatan dapat menjerumuskan remaja kedalam kehidupan masa depan yang gelap.

Para remaja yang tergabung dalam PIK-KRR sebelumnya telah memperoleh pelatihan di Denpasar. Saat ini dilakukan lomba antara Kabupaten untuk mengetahui sejauhmana tindak lanjut dari bekal teori yang telah diberikan.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Karangasem diwakili I Gusti Ayu Sri Anjani menambahkan, dua kelompok PIK-KRR yang dilombakan mewakili Kabupaten Karangasem ada dua yakni di Kecamatan Bebandem dan Kecamatan Sidemen. Diharapkan kedepan Kecamatan lainnya dapat mengembangkan lembaga tersebut demi untuk membimbing para remaja agar tidak sesat jalan dalam hal tersebut. (Din/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.