IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pernyataan Sikap, Tujuh Tahun KM Unpam

Tujuh Tahun KM Unpam

IndonesiaBicara.Com-SERPONG (05/08/13). Memasuki usianya yang ke-7, organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Komite Mahasiswa (KM) Univ. Pamulang, terus memberikan kontribusinya bagi perjuangan rakyat Indonesia, meski hanya sebatas Pernyataan Sikap.

Eka Hadi, yang merupakan Komandan KM Univ. Pamulang menyampaikan pernyataan sikapnya kepada IndonesiaBicara.com dalam rangka hari jadinya yang ke-7.

“KM Unpam hingga saat ini, terus berpegang teguh pada cita-cita organisasi yaitu sebagai Mahasiswa yang berada disebuah universitas yang mempunyai tanggung jawab menjalankan dan melaksanakan amanat Tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengembangan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, jelas Eka.

Sedangkan tanggung jawab KM sebagai anak bangsa yang lahir di Indonesia tentunya melaksanakan amanat sejarah yang telah dilahirkan oleh para pendiri bangsa yaitu Tegakknya Proklamasi, Pancasila, Pembukaan UUD dan Trisakti (Berdaulat dibidang Politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dibidang budaya)

“Bila ada kebijakan Pemerintah yang menyengsarakan rakyat tentu KM siap untuk memperjuangkannya”, tambah Eka.

Eka mengambil contoh kebijakan Asian Free Trade Area (AFTA) dan pertemuan skala internasional lainnya seperti APEC yang justru Indonesia tidak diuntungkan dari pertemuan tersebut, malah kembali pada alam penjajahan dengan pengaruh intervensi asing yang semakin kuat.

“Terkait dengan maraknya kekerasan, intimidasi dan kriminalisasi terhadap gerakan Mahasiswa dan Rakyat, seperti yang dialami oleh 5 orang mahasiswa Unpam yang divonis 4 bulan 3 hari oleh PN Tangerang, KM menuntut agar kedudukan Polri harus berada di bawah Kementrian Dalam Negeri bukan dibawah Presiden karena menimbulkan Institusi yang kebal akan hukum”, katanya.

Menyikapi ‘Tahun Politik’ 2014 yang semakin dekat, Eka berpendapat bahwa KM Unpam adalah organisasi kemahasiswaan dan tidak terlibat dalam politik praktis maupun tidak mendukung siapapun yang menjadi calon pemimpin nasional.

“KM Unpam melihat permasalahannya bukan terdapat pada individu siapa yang maju menjadi capres tapi pada sistem atau undang-undang yang lebih banyak menyengsarakan rakyat, jadi siapapun yang menjadi Pemimpin Nasional apabila sistemnya tidak dibenahi mereka akan sama atau bahkan lebih buruk dari presiden saat ini”, tutupnya.

KM Unpam didirikan pada 05 Agustus 2006 silam, oleh beberapa orang aktivis, salah satunya adalah Yudi Rizali Muslim, dan saat ini bergabung dan mendukung pergerakan Aktivis Konsolidasi Mahasiswa nasional Indonesia (KOMANDO) Univ. Pamulang.

Dalam waktu dekat ini mereka akan memperjuangkan lima orang mahasiswa Unpam yang divonis penjara 4 bulan 3 hari oleh PN Tangerang, dan juga fokus membangun solidaritas terhadap 12 mahasiswa HKBP Nomansen Medan yang masih ditahan di LP Tanjung Gusta paska bentrok aksi penolakan kenaikan harga BBM (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.