IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Peringatan HUT Propinsi NTB ke-52 Diwarnai Hujan Lebat

Suasana Peringatan HUT ke-52 Propinsi NTB di Lapangan Supersemar, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

IndonesiaBicara-Lombok Utara, (18/12). Kendati diwarnai hujan lebat, puncak peringatan hari ulang tahun Propinsi NTB ke-52 di Lapangan Umum Supersemar, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) berjalan lancar dan penuh khidmat. Dalam upacara yang dipimpin Gubernur NTB KH Jainul Majdi para peserta apel tetap bertahan dari guyuran hujan dan petir sampai apel HUT NTB selesai.

Gubernur NTB dalam amanatnya menyatakan di usia yang menginjak 52 tahun, daerah NTB masih dihadapkan pada sejumlah persoalan, mulai dari masalah indeks prestasi masyarakat yang masih rendah dan sektor pendidikan yang masih tertinggal dari daerah lain. Tidak hanya itu, menurut Gubernur masalah kesehatan juga masih terkendala fasilitas dan dana, disamping soal infrastruktur jalan hingga sarana prasarana publik yang masih minim saat ini, turut memperpanjang upaya mewujudkan kehidupan warga yang lebih baik.

Oleh karena itu, ditegaskan Jainul Majdi, Pemprop NTB terus memacu akselerasi berbagai aspek pembangunan dengan berbagai program prioritas dan unggulan, diantaranya pemenuhan anggaran pendidikan bekerjasama dengan seluruh kabupaten dan kota hingga mencapai 20%, serta peningkatan kompetensi guru dan perbaikan mutu pendidikan.

Dikatakan Gubernur, sektor ekonomi mikro juga menjadi perhatian besar Pemprop NTB, disamping penguatan dunia usaha dengan mengalokasikan bantuan modal kerja terhadap pelaku usaha dan optimalisasi potensi ekonomi. Pada tahun ini, pertumbuhan ekonomi daerah NTB tertinggi dibanding daerah lain di Indonesia, yakni mencapai 13%.

Gubernur juga menjelaskan, guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian, peternakan dan kelautan, Program Bumi Sejuta Sapi dan pencanangan komoditas unggulan, PIJAR, saat ini dinilai mampu memperbaiki ekonomi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan populasi sapi semakin besar, menuju satu juta ekor sapi dan swasembada daging di Propinsi NTB makin menunjukan hasil yang meyakinkan. Selain itu produktivitas hasil laut saat in terus membaik, berkat kerjasama masyarakat dengan pemerintah.

Upacara puncak peringatan Hut NTB ke-52  juga dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi Bupati dan Walikota yang berhasil menuntaskan buta aksara, melalui program ABSANO. Pada kesempatan ini, Gubernur NTB juga mengikuti peresmian pusat komunitas rumah kreatif KLU oleh Dirjen Kominfo. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.