IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Peran Keluarga Cegah Terorisme

IndonesiaBicara.com-Tangerang Selatan, (18/03/10). Peran keluarga dinilai sangat penting untuk mencegah keterlibatan anggota keluarga dalam hal negatif seperti terorisme. Hal ini terungkap dalam seminar Ketahanan Keluarga Membentuk Keluarga Moderat dan Anti Terorisme yang diselenggarakan oleh Rumah Peradaban di Hotel Santika, Ruang Pertemuan Lengkong, Jalan Raya Pahlawan Seribu, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut Anggota DPR-RI dari PKS, Dra Hj Yoyoh Yusroh dan Kepala Dinas Pendidikan Kab Tangerang Drs Achmad Suwandi.

Dalam materinya Yoyoh Yusroh menyoroti pentingnya peran keluarga dalam tumbuh kembang anak. “Tugas keluarga adalah memberikan kasih sayang sebagai bekal dan dorongan dalam mendidik, memelihara, melindungi dan memperhatikan kemaslahatan anggota keluarga sehingga hak anak sebagai anggota keluarga terpenuhi. Dalam pemeliharaan hak agama, agama anak akan mengikuti agama orang tuanya. Orang tua mempunyai pengaruh yang sangat besar pada diri anak terutama dari teladannya. Orang tua berkewajiban membentengi keluarga dari segala pengaruh dari luar yang bersifat negatif seperti terorisme dan bahaya narkoba,” papar Yoyoh.

Menurut Yoyoh Yusroh Keluarga senantiasa harus memperkuat ketahanan keluarga sehingga dapat mengembangkan diri sejahtera lahir dan bathin sehingga terhindar dari berbagai kejahatan terorisme.

Sementara itu Achmad Suwandi mengangkat tentang pentingnya pendidikan formal yang mendukung peran keluarga. “Dalam pendidikan formal yang harus diperhatikan adalah kualitas guru, kurikulum, fasilitas pendidikan dan sarana pendukung lainnya. Selain itu dalam pendidikan formal harus diperhatikan peningkatan akhlak, potensi dan minat anak, serta persiapan dunia kerja selain itu yang tidak dapat ditinggalkan dalam peran pendidikan formal yaitu nilai-nilai kebangsaan,” katanya.

Selain pendidikan formal, lanjut Achmad Suwandi, Keluarga juga ikut menentukan dalam pembentukan sikap anak, sehingga anak sedari dini harus dikenalkan ahlak, etika dan rasionalitas. Peran pendidikan keluarga tetap dibutuhkan untuk mendidik anak diluar pendidikan formal. (rintho).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.