IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pengelolaan Air Harus Memperhatikan Fungsi Lingkungan

Jambi (ANTARA News) – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Fachrori Umar di Jambi mengatakan, sumber daya air harus dikelola dengan memperhatikan fungsi lingkungan.

“Sumber daya air harus dikelola dengan memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup dan ekonomi secara seimbang,” kata Wagub saat membuka Musda II DPP Gapkaindo Provinsi Jambi, Minggu.

Menurut dia, seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, terjadi ketidakseimbangan antara ketersediaan air dengan kebutuhan air yang cenderung meningkat.

Selain itu, dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap air, mendorong lebih menguatnya nilai ekonomi air dibanding nilai dan fungsi sosialnya.

Kondisi ini berpotensi menimbulkan konflik kepentingan antar sektor, antar wilayah dan berbagai pihak yang terkait dengan sumber daya air.

Sementara di sisi lain, pengelolaan sumber daya air yang lebih mementingkan nilai ekonomi, cenderung lebih memihak kepada pemilik modal, serta dapat mengabaikan fungsi sosial sumber daya air.

Atas pertimbangan pengelolaan sumber daya air secara seimbang, maka dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air menyebutkan, negara menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan air bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari.

Selain itu, negara juga menjamin hak setiap orang untuk mendapatkan air guna memenuhi kehidupannya yang sehat, bersih dan produktif, serta memberikan perlindungan terhadap kepentingan kelompok masyarakat ekonomi lemah, dengan menerapkan prinsip pengelolaan sumber daya air yang mampu menyelaraskan fungsi sosial, lingkungan hidup dan ekonomi.

Untuk itu, Wagub mengimbau Gapkaindo (Gabungan Perusahaan Kontraktor Air Indonesia) Provinsi Jambi agar senantiasa memperhatikan aspek koservasi sumber daya air, menjaga kelangsungan daya dukung, daya tampung, fungsi sumber daya air, pelestarian sumber air, pengelolaan kualitas air, dan pengendalian pencemaran air, dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Guna mendukung hal itu, pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkewajiban melakukan pemberdayaan kepada seluruh pemangku kepantingan sumber daya air secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sumber daya air.

Ketika ditanya mengenai banyaknya keluhan masyarakat, sehubungan suplai air di Jambi, Wagub mengatakan bahwa pemerintah dan seluruh pihak terkait juga berusaha mengatasi berbagai persoalan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.