IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Pemilu 2014, Kerukunan Umat Beragama Harus Tetap Terjaga

IndonesiaBicara.com-SERPONG (07/04/14). Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) tidak bosan-bosan mengingatkan kepada para tokoh agama dan juga pemuda lintas agama untuk mensukseskan Pemilu 2014. Demikian dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol Kota Tangsel) Salman Faris dalam Dialog Pembinaan dan Pemberdayaan Tokoh Lintas Agama Jelang Pemilu 2014 yang digelar di Rumah Makan dikawasan Serpong Tangsel siang ini.

“Karena ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat bukan saja tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu atau Pemkot Tangsel saja”, Salman Faris menambahkan.

Menurut Salman Faris sebagai daerah yang berbatasan dengan ibukota Jakarta situasi politik Tangsel akan berpengaruh dengan daerah sekitarnya.

“Saya mengajak kepada tokoh lintas Agama agar bisa menjaga kondusifitas wilayah dalam pelaksanaan Pemilu 2014 ini”, tuturnya.

Anggota KPU Kota Tangsel yang hadir dalam dialog ini, Badrussalam mengingatkan bahwa tokoh agama sangat berperan dalam meningkatkan partisipasi pemilih, karena biasanya tokoh agama nasihatnya sangat didengar oleh umat.

“Untuk itu kepada tokoh agama agar bisa mengarahkan umat dalam berpartisipasi dan ikut mensukseskan Pemilu 2014, karena Pemilu Legislatif adalah wadah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, selain itu nantinya para Caleg yang dipilih akan duduk di DPRD dan akan mewakili masyarakat dalam membangun kehidupan beragama di Kota Tangsel”, kata Badrusalam.

Badrusalam menerangkan bahwa sangat disayangkan jika masyarakat tidak memanfaatkan momen Pemilu ini untuk menyampaikan aspirasinya, karena penyelenggaraan Pemilu dengan anggaran yang cukup besar ini harus bisa dipergunakan sebaik-baiknya bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu Sekretaris MUI Kota Tangsel, Abdul Rojak mengatakan Pemilu 2014 bukan saja tanggung jawab dari satu Agama saja, melainkan seluruh agama di Indonesia memiliki peran penting dalam suksesnya Pemilu 2014.

“Proses demokrasi akan berjalan dengan baik jika seluruh agama bisa berpatisipasi didalamnya dan tokoh agama juga harus membantu dalam menjaga kondusifitas wilayah Tangsel jelang Pemilu 2014 serta bisa memberikan masukan kepada umatnya agar tidak terpancing dengan provokasi yang bisa memecah persatuan dan kesatuan bangsa”, kata Rojak

Dalam kesempatan yang sama Ketua Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tangsel, KH Ahmad Dahlan, mengingatkan pentingnya tokoh agama agar bisa memberikan pencerahan kepada umat untuk berpartispasi dalam Pemilu 2014, hilangkan prasangka negatif yang bisa saja menganggu kondusifitas wilayah.

“Walaupun berbeda agama maupun pilihan yang harus dikedepankan adalah kekompakan dan tetap menjaga persatuan umat beragama di Tangsel”, pungkasnya. (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.