IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

OTSUS MERUPAKAN ASPIRASI RAKYAT PAPUA

Indonesiabicara.com|10/01/2022- Jaleswari Pramodhawardani, Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP), mengatakan bahwa implementasi Otonomi Khusus (Otsus) dan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 di Papua harus berfokus pada efektivitas program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini agar otsus dinikmati oleh seluruh masyarakat.

“Implementasinya harus fokus pada program yang berpihak pada kesejahteraan rakyat, agar setiap rupiah yang dikeluarkan harus nyata manfaatnya bagi seluruh masyarakat Papua, bukan hanya dinikmati segelintir pihak di level elite,” ujar Jaleswari pada Rapat Koordinasi di Manokwari.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Lentera Research Institute, DR. (Cand) David Freddy Nordfolk, menjelaskan definisi otonomi khusus adalah kewenangan khusus yang diberikan kepada daerah tertentu guna mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri, tetapi sesuai dengan hak dan aspirasi masyarakat di daerah tersebut.

Kewenangan ini diberikan agar daerah tersebut dapat menata daerahnya agar lebih baik lagi di bidang tertentu sesuai dengan aspirasi masyarakatnya.“kewenangan khusus yang diberikan guna mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri, sesuai dengan hak dan aspirasi masyarakat di daerah tersebut”, ujar David.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa Otsus Jilid II Papua adalah sarana untuk mengakomodir aspirasi rakyat Papua, khususnya Orang Asli Papua (OAP).

Tujuan dari Otsus adalah agar rakyat Papua bisa menata Propinsi Papua dan Papua Barat sesuai dengan budayanya, sehingga mencapai titik kesejahteraan.“Otsus Jilid II Papua adalah untuk mengakomodir aspirasi rakyat, khususnya Orang Asli Papua (OAP).

Tujuan Otsus adalah agar rakyat bisa menata Propinsi Papua dan Papua Barat sesuai dengan local whisdomnya, sehingga mencapai titik kesejahteraan”, tambah David.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.