IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Munas BEM SI : Referensi Kepemimpinan Nasional, Solusi Permasalahan Bangsa

Indonesiabicara.com-Bandarlampung (27/02/12). Dibutuhkan pemimpin yang mampu menggerakkan sistem, the rule of law dan bukan people of law. Demikian salah satu point yang mengemuka dalam Dialog Nasional yang diadakan oleh BEM Universitas Lampung (Unila) pada Stadium General Musyawarah Nasional BEM Seluruh Indonesia (Munas BEM SI) pada Senin (27/02).

Seminar yang berlangsung di aula Arafah Komplek Islamic Center Bandar Lampung tersebut mengangkat tema “Referensi Kepemimpinan Nasional : Solusi Permasalahan Bangsa”, menghadirkan narasumber mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI Prof. Dr. Jimly Asshidiqie dan mantan Menko Perekonomian Dr. Rizal Ramli.

“Kepemimpinan bukanlah perkara orang melainkan sebuah aturan atau sistem” ujar Jimly. Ia menambahkan bahwa proses kepemimpinan membutuhkan orang yang mampu menggerakkan system, the rule of law dan bukan people of law. Menjawab pertanyaan salah satu peserta munas terkait impeachment, Jimly menegaskan bahwa bahwa prosedur yang harus dilakukan di Indonesia terlalu rumit, tidak seperti di Thailand yang menempatkan peradilan sebagai otoritas. “Sistim di Indonesia mirip Amerika Serikat, jadi Senat-lah yang lebih memiliki kekuatan” imbuhnya.

Sementara itu, ekonom Dr. Rizal Ramli dalam kesempatan tersebut menyoroti sistim kapitalisme global yang saat ini tengah berlangsung. “Indonesia seharusnya bisa menjadi negara yang bisa mendapatkan keuntungan terbesar atas potensi kekayaan yang dimilikinya” urainya. Lebih lanjut Rizal Ramli menyampaikan bahwa adanya pembiayaan asing sesungguhnya merugikan bangsa Indonesia itu sendiri, oleh karena itu kepemimpinan Indonesia kedepan membutuhkan sosok yang berani bersikap tegas atas sistem kapitalisme.

Terpisah, ketua pelaksana Munas BEM SI, Anggun Sendy Ranti menyampaikan bahwa Munas BEM SI diadakan sebagai bentuk evaluasi kinerja selama masa kepengurusan setahun lalu dan mempersiapkan gerakan BEM SI kedepan. Munas yang akan berlangsung hingga 2 Maret 2012 mendatang juga diagendakan untuk melakukan pergantian struktur BEM SI. Sebanyak 132 peserta dari 35 BEM di Indonesia turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. (goes)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.