IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

MUI Kalteng Keluarkan 5 Himbauan Menghadapi Pilkada Kalteng

IndonesiaBicara-Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (13/12/09). Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Tengah (Kalteng) yang berlangsung di Pulang Pisau pada 12 – 13 Desember 2009, selain upaya konsolidasi internal, MUI Kalteng mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat Kalteng dalam menyikapi Pilkada Kalteng 2010.

Yang pertama, rakerda MUI Kalteng merumuskan agar seluruh umat Islam di Kalteng untuk memanfaatkan posisi strategis untuk mengupayakan terciptanya persatuan kekuatan politik atau as-siyasah umat Islam untuk menghadapi Pilkada.

Kemudian, MUI Kalteng merekomendasikan untuk mengupayakan hanya satu calon dari kekuatan politik umat Islam. Selain itu, calon yang diusung agar benar-benar memiliki komitmen dalam bidang pemerintahan dan komitmen kebangsaan serta dapat mensejahterakan rakyat. Namun, MUI Kalteng juga menekankan bahwa calon yang diusung sebaiknya adalah calon yang memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan Pilkada.

Terakhir, MUI Kalteng mengingatkan umat Islam dan partai-partai politik yang berbasis Islam untuk berpedoman kepada Al Qur’an dan sunnah Rasul dalam memilih calon pemimpin dalam Pilkada.

Sekretaris Umum MUI Kalteng, Ir H Syamsuri Yusuf MSi ketika diwawancarai mengatakan bahwa Rekomendasi khusus tersebut dikeluarkan MUI Kalteng berdasarkan pengalaman Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Kalteng sebelumnya (yang dimenangkan Agustin Teras Narang yang bukan dari kalangan Islam, red), sehingga perlu adanya upaya untuk memperkokoh persatuan umat Islam.

“Diharapkan, rekomendasi tersebut menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait, khususnya umat Islam dalam menyikapi akan dilaksanakannya pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan pada 2010,” harap Syamsuri.

Bupati Pulang Pisau H Achmad Amur SH MH yang turut hadir dalam Rakerda MUI tersebut sempat menyerahkan satu unit mobil operasional untuk membantu MUI Kabupaten Pulang Pisau dalam menjalankan tugas-tugasnya. Walau berasal dari Partai Golkar, H Achmad Amur mendapat banyak dukungan dari partai berbasis Islam di Kalimantan Tengah untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Gubernur Kalimantan Tengah 2010. (Boy)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.