IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Menteri Sosial Resmikan 7 E-Warong Di Tangerang Selatan

IndonesiaBicara.com-PONDOK AREN (23/11/2016). Pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Sosial menargetkan ditahun 2016 ini sudah membuat Elektronik Warung Gotong Royong atau yang disingkat dengan E Warong di 44 kota se-Indonesia.

E-Warong merupakan kerjasama dari beberapa instansi seperti Kementrian Sosial, Perum Bulog, Bank milik negara dan juga Pemerintah Daerah setempat.

E-Warong ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik Kartu Program Keluarga Harapan dan penerima Beras Sejahtera atau Rastra dimasing-masing daerah untuk membeli kebutuhan pokok seperti Beras, Minyak Sayur, Gula dan sebagainya. Pembelian dapat menggunakan kartu Program Keluarga Harapan yang berbentuk kartu ATM dari salahsatu Bank milik negara.

Untuk saat ini E-Warong sudah tersedia di 34 daerah dari target tersedia di 44 daerah se-Indonesia. Salah satu daerah yang sudah memiliki E-Warong adalah Kota Tangerang Selatan.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Pondok Jaya, kecamatan Pondok Aren Tangerang Selatan dalam rangka peresmian E-Warong, Rabu (23/11), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menuturkan bahwa satu E-Warong dapat melayani sekitar 1000 orang penerima Program Keluarga Harapan atau PKH dan penerima Beras Sejahtera atau Rastra.

“Untuk Tangerang Selatan sendiri dibutuhkan sebanyak 16 E-Warong namun saat ini baru tersedia 7 E-Warong di Tangerang Selatan,” kata Khofifah.

Ditambahkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, selain untuk membeli bahan-bahan pokok seperti beras, gula dan minyak sayur. E Warong yang merupakan bagian dari Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) ini juga dapat meminjamkan uang untuk kepentingan membeli bahan-bahan pokok.

“Pemilik Kartu Program Keluarga Harapan yang dapat menggunakan kartunya di E-Warong dapat meminjam uang terlebih dahulu untuk membeli bahan pokok dan nanti menggantinya saat menerima dana PKH dari Pemerintah,” ucap Khofifah disambut tepuk tangan hadirin yang datang.

Sementera itu Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang hadir dalam peresmian E-Warong tersebut mengutarakan kegembiraanya E-Warong sudah dapat beroperasi di Tangerang Selatan.

“Masyarakat penerima dana PKH atau Program Keluarga Harapan dapat terbantu dan lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan pokoknya nanti,” pungkas Airin. (Wan/Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 12 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.