IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

LIRA Indikasikan Ada Manipulasi Penghitungan Suara Pemilu

IndonesiaBicara.com-SERPONG (17/04/14). Pelaksanaan penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014, ditingkat kelurahan dan kecamatan saat ini dinilai Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) penuh dengan manipulasi data. Demikian dikatakan Sekretaris Kota (Sekot) LIRA Tangsel, Muhammad Acep saat melakukan konferensi Pers (Konpers) di Rumah Makan Saung Djati, Serpong, Kota Tangsel, Kamis (17/04).

Dalam konpersnya LIRA Tangsel menemukan adanya indikasi kecurangan penghitungan suara ditingkat PPS maupun PPK.

“LIRA mengambil contoh di Kelurahan Pisangan, Kec Ciputat, Jumlah Pemilih yang hadir sesuai Formulir D adalah sebanyak 13.217 orang sedangkan jumlah Suara Sah untuk DPR-RI di Kelurahan tersebut adalah sebanyak 16.023 suara sah, sehingga ada selisih 2.806 suara. Hal yang sama terjadi dikelurahan Kelurahan Pondok Ranji Kec. Pondok Aren, jumlah yang hadir adalah 12.395 orang sedangkan suara sah yang masuk adalah 13.359 suara sah ada selisih 964 suara”, kata Acep didampingi Ketua Investigasi LIRA Tangsel Jeffry.

Berdasarkan hal tersebut, LIRA menilai ada sesuatu yang salah dalam administrasi pembukuan diformulir D dan juga C1 di tingkat PPS maupun PPK, selain itu ada indikasi penggelebungan suara yang dilakukan Oleh penyelenggara Pemilu ditingkat Kelurahan dan Kecamatan.

“Jika kecurangan dilakukan oleh Caleg atau Parpol hal ini masih bisa dimaklumi, namun jika dilakukan oleh penyelenggara maka bisa dikatakan sebagai sebuah malapetaka”, kata Acep.

LIRA, menurut Acep, tidak bisa melakukan protes kepada Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, yang bisa melakukan protes adalah partai politik.

“LIRA menyarankan agar Parpol yang merasa dicurangi untuk segera melaporkannya, kami juga meminta kepada KPU Tangsel untuk kembali membuka formulir C1 atau formulir D untuk mencocokan kembali agar tidak terjadi selisih dalam hasil suara”, terang Acep

LIRA belum mengetahui siapa yang diuntungkan dengan adanya indikasi penggelebungan suara ini. “LIRA akan segera melaporkan hal ini kepada Panwaslu Kota Tangsel dan juga KPU Kota Tangsel, namun jika tidak ditindaklanjuti maka akan dilaporkan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)”, pungkasnya (Rin).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.