IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KSPSI Tuntut Kenaikan UMK 2015

Indonesiabicara.com–CIKUPA (22/10/2014) Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) pimpinan Imam Sukarsa melakukan aksi turun ke jalan untuk membagikan selebaran kepada buruh dan masyarakat terkait tuntutan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2015 harus mengalami kenaikan sebesar 30 persen, Rabu (22/10).

Salah satu kordinator aksi lapangan K-SPSI, Susilo kepada Indonesiabicara.com mengatakan, aksi hari ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari seluruh buruh dan masyarakat Kabupaten Tangerang untuk kenaikan UMK tahun 2015 sebesar 30 persen. Sampai saat ini masih banyak buruh yang dirampas hak-haknya dan mendiskriminasikan para pekerja oleh pihak perusahaan dengan cara pemberangusan serikat atau union busting, ujar Susilo.

Lanjutnya Susilo mengatakan, saat ini UU No 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja/ serikat buruh hanya menjadi pajangan oleh pihak pengusaha dan pemerintah, hanya terpana dan menutup mata tanpa adanya ketegasan dalam memberikan sanksi baik secara lisan maupun tertulis apalagi mencabut ijin usaha terhadap perusahaan yang melanggar hak-hak normatif antara lain UMK dan BPJS. “UU buruh sampai saat ini belum ada realisasinya terhadap nasib buruh, dan masih banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan kepada buruh”, ungkapnya.

Dalam aksinya para buruh K-SPSI membuat beberapa tuntutan yang selanjutnya diberikan kepada pihak Disnakertrans Kabupaten Tangerang antara lain seperti Kenaikan UMK tahun 2015 sebesar 30 persen, Tolak RPP kenaikan upah 2 tahun sekali, tolak upah minimum padat karya, tindak tegas perusahaan yang melakukan union busting, hapuskan sistem kerja kontrak dan tolak iuran BPJS kesehatan. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.