IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KP2T Genjot Sosialisasi Lewat Media Luar Ruang

IndonesiaBicara-Amlapura, (06/05/11). Perizinan merupakan sarana untuk memajukan dunia usaha guna meningkatkan geliat perekonomian daerah untuk mendorong pertumbuhan dan produktifitas masyarakat. Demikian diutarakan Kepala Kantor UPT Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Mertha, (05/05) di Amlapura usai memasang promo luar ruang manfaat perizinan bagi masyarakat.

Dikatakannya, pentingnya melakukan motivasi masyarakat melalui promo media iklan luar ruang dalam bentuk baliho, guna mendorong kesadaran masyarakat agar dapat memahami arti pentingnya memproses kepemilikan perizinan, bagi setiap usaha yang dijalankan masyarakat. Selain legal dari aspek hukum juga bisa dimanfaatkan untuk rekomendasi menambah sarana permodalan.

Dengan demikian, kepemilikan perizinan tidak semata dilihat dari pembebanan pembiayaan, namun lebih terkait dengan memajukan usaha.

Pemkab Karangasem melalui pola pelayanan 1 atap, mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Karangasem untuk memperoleh jasa pelayaan standar yang lebih terukur dengan satu pintu.

Pembangunan yang dilaksanakan dalam satu daerah memerlukan dukungan semua pihak termasuk masyarakat diperlukan upaya untuk melakukan tertib perizinan yang dilaksanakan pemerintah. Segala jenis usaha yang dijalankan oleh masyarakat, terutama yang berskala besar, wajib memiliki izin.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan demi lancarnya kegiatan usaha yang dijalankan masyarakat sendiri selain sebagai usaha untuk mendukung upaya pembangunan yang terarah, terkendali, merata dan berkelanjutan.

KP2T Kabupaten Karangasem, sesuai dengan Peraturan Bupati Karangasem Nomor 5 Tahun 2009, melaksanakan berbagai upaya pembenahan untuk memperlancar segala proses perizinan yang diperlukan oleh masyarakat dalam menjalankan usahanya.

Salah satunya dengan melaksanakan pemasangan ‘Baliho Tertib Perizinan’ di 8 kecamatan Kabupaten Karangasem.

Baliho tertib perizinan ini merupakan ajakan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Karangasem untuk melaksanakan segala proses perizinan yang diperlukan dalam menjalankan usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

KP2T pada tahun 2009 berhasil melayani proses permohonan perizinan sejumlah 904 buah dari 21 jenis perijinan yang sudah disinkronkan secara terpadu dilayani di KP2T Kabupaten Karangasem.

Dikatakannya, proses permohonan perizinan yang dilayani di KP2T sejauh ini sudah dapat meningkatkan mutu pelayanan dari segi ketetapan tarif serta jangka waktu lebih pendek, bahkan jika seluruh persyaratan dipenuhi pelayanan jauh lebih cepat dan efisien.

Namun pada sejumlah jenis perijinan, masih ada saja keleluasaan pelayanan terkendala dengan kaitan landasan hukum yang ada di pusat dalam arti belum diserahkan sepenuhnya, serta adanya upaya penyikapan dari masyarakat dalam konteks perijinan pariwisata.

Jenis Pelayanan Perizinan yang ditangani di KP2T Kabupaten Karangasem, sesuai dengan Peraturan Bupati Karangasem Nomor 5 Tahun 2009 antara lain: Izin Pemanfaatan Ruang (IPR), Izin Lokasi, Izin Penetapan Lokasi, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Gangguan (HO), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Izin Usaha Kegiatan Penanaman Modal, Izin Usaha Pariwisata, Izin Usaha Industri, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), SIUP Minuman Beralkohol.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.