IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Korban Kebanjiran Mulai Dievakuasi

IndonesiaBicara.com-Kresek, (17/01/12). Taruna Siaga Bencana Kabupaten Tangerang, Banten, mulai mengevakuasi warga di dua kecamatan yang terendam banjir.

“Karena air tidak juga surut selama empat hari hingga saat ini, maka kita lakukan proses evakuasi,” ucap Ketua Tagana Kabupaten Tangerang, Ending di Tangerang, Selasa (17/01).

Ending menuturkan, dua Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Gunung Kaler yang merendam lima kampung yakni Kampung Gunung Kaler dan Kampung Mandaya Kampung Onyam, Kampung Bendung, Kampung Cakung Andawati, serta lima desa di Kecamatan Kresek yakni Desa Pasir Ampo, Koper, Patrasana, Renged dan Talok.

Dalam melakukan evakuasi, Tagana dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan relawan dari berbagai OKP dan Ormas menggunakan perahu karet. Untuk evakuasinya sendiri, personil akan mengutamakan anak kecil dan orang tua lanjut usia.

Para warga diminta untuk membawa barang kebutuhan salinan pakaian. “Warga kami minta untuk tidak banyak membawa barang namun cukup pakaian sedangkan makanan sudah disiapkan,” katanya.

Ending menuturkan dalam proses evakuasi akan menggunakan 11 perahu karet yang berasal gabungan dari beberapa pihak seperti Tagana Kabupaten Tangerang sebanyak dua unit, Pemadam Kebakaran sebanyak tiga unit, FKPII Banten tiga unit dan bantuan relawan sebanyak tiga unit.

“Untuk warga yang rumahnya hampir terendam banjir, akam kami utamakan apalagi yang hanyut,” katanya.

Pantauan dilapangan, warga berharap agar penanganan terhadap tanggul sungai Cidurian yang jebol segera diatasi. Karena, air yang menggenai dua desa berasal dari aliran Sungai Sidurian.

“Bila sumber airnya tidak ditutup, maka akan sama saja,” kata Sukemin, warga Desa Patrsana.

Hingga saat ini, genangan air di dua kecamatan masih belum surut. Sejumlah warga masih ada yang bertahan di rumah dan ada pula yang mengungsi. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.