IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Konfirmasi Pengadilan Sorong Terkait Pemindahan 6 Tersangka

Indonesiabicara.com|09/01/2022- Pemindahan terhadap enam tersangka kasus penyerangan Posramil Maybrat, dari Pengadilan Negeri Sorong ke Pengadilan Negeri Makassar, telah diatur dalam kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana KUHAP pasal 85 dan fatwa Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia nomor: 252/KMA/SK/XII/2021. Hal tersebut dikatakan Humas Pengadilan Negeri Sorong, Fransiskus Babthista kepada para wartawan gun aklarifikasi isu terkait.


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Pemindahan ini juga merujuk pada surat pemohonan dari Kejaksaan Tinggi Papua Barat yang ditujukan kepada MA, terkait pemindahan lokasi sidang. Selain alasan keamanan, pemindahan juga bertujuan agar terhindar dari segala bentuk intervensi dari luar.

Seperti diberitakan sebelumnya, proses pemindahan enam tersangka ini dilakukan secara tertutup. Maikel Yaam dan kawan-kawan dibawa dari Bandara DEO Sorong pada Rabu sore (29/12/2021) menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan mendapat pengawalan ketat dari Polres Sorong Selatan bersama Kasi Pidum dan sejumlah staf Kejaksaan Negeri Sorong.


Proses pemindahan para tersangka terkait penyerahan Tahap Duanya ke Kejaksaan Negeri Sorong juga tidak diketahui oleh media. Pihak Wartawan mengetahui adanya tahap dua setelah mendapatkan konfirmasi dari Kepala Seksi Intelijen (Kasie Intel) Kejaksaan Negeri Sorong, I Putu Sastra Adi Wicaksana. Putu membenarkan adanya tahap dua kasus dugaan pembunuhan dengan tersangka Maikel Yaam dan kawan-kawannya tersebut.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.