IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

KNPI Kabupaten Tangerang Menggelar Diskusi Kebangsaan

Diskusi “Kembali Kepada Ideologi Pancasila” di DPD KNPI Kabupaten Tangerang.

IndonesiaBicara.com-Tigaraksa (18/06/12). DPD KNPI Kabupaten Tangerang menggelar dialog kebangsaan dengan mengambil tempat di Graha Pemuda Tigaraksa dan menghadirkan pembicara dari Dosen UNTIRTA H Mas Iman Kusnandar, Direktur LSM Kebijakan Publik Ibnu Jandi, politisi DPR-RI dari PDI-P Ganjar Pranowo dan perwakilan dari Sekolah Demokrasi Dedy Ramantha.

Dialog yang mengambil tema “Kembali Kepada Ideologi Pancasila” dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Tangerang Muhlis mengatakan, dialog kebangsaan ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali pentingnya penerapan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tak terkecuali di Kabupaten Tangerang yang masyarakatnya heterogen penuh kemajemukan dari Sabang sampaiĀ  Merauke.

Ditambahkan Muhlis, perkembangan proses demokrasi Indonesia kerap melenceng dari landasan ideologi Pancasila. Perubahan demi perubahan terus terjadi di atas kerapuhan basis moral kenegaraan. Maka, sudah saatnya, bangsa ini kembali ke titik normal.

Politisi DPR-RI Ganjar Pranowo dalam diskusinya mengatakan, bahwa penegakan hukum di Indonesia harus segera dijadikan sebagai agenda bersama oleh seluruh rakyat Indonesia di dalam menciptakan keadilan kepada seluruh rakyat Indonesia seperti yang tertuang di dalam Pancasila yaitu sila ke-5.

“Seluruh rakyat Indonesia harus dapat mendapatkan keadilan hukum yang sama, dan tidak boleh ada yang dibeda-bedakan di bangsa ini,” ujarnya.

Menambahkan dalam diskusinya, Dosen UNTIRTA Mas Iman Kusnandar mengatakan, Pancasila lahir melalui suatu proses sejarah Indonesia, karena nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila telah ada dalam kehidupan di wilayah nusantara fakta dan data diperoleh pada bukti prasasti, adat istiadat, dan kebudayaan yang terpelihara dengan baik.

Sementara itu menurut Iman Kusnandar, filsafat Pancasila dalam konteks ini adalah pandangan hidup bangsa Indonesia yang sangat diperlukan dalam kondisi kehidupan bangsa Indonesia yang sangat beragam.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar keragamannya, sehingga diperlukan adanya suatu pedoman yang akan menuntun kehidupan bangsa yaitu Pancasila,” pungkasnya. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 10 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.