IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kelalaian Pemda Dalam Pengelolaan Lingkungan Sebabkan Banjir & Longsor

Indonesiabicara.com|11/01/2022- Bencana banjir dan longsor yang melanda beberapa kecamatan di Kota Jayapura, Provinsi Papua terjadi sejak Kamis malam (6/1/2022) sekitar pukul 22.00 WIT. Kecamatan yang terkena dampak bencana meliputi distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami.

Tim Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor Kota Jayapura, mencatat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Jayapura dan sekitarnya telah mengakibatkan 8 orang meninggal dunia serta berdampak terhadap 7.005 penduduk.

Bencana longsor terkonsentrasi di Jayapura Utara dengan jumlah 7 korban jiwa serta 2 lainnya mengalami luka berat. Pada hari Jumat (7/1/2021), seluruh korban yang meninggal karena tertimbun longsor berhasil ditemukan disejumlah titik bencana. Selain itu, banjir akibat cuaca ekstrem ini juga memaksa ratusan warga Jayapura untuk mengungsi.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Lentera Research, DR (Cand) David F. Nordfolk, mengatakan bahwa bencana alam yang terjadi di tanah Papua adalah akibat dari kelalaian dalam pengelolaan lingkungan oleh Pemerintah Daerah setempat. Banyaknya aturan yang dilanggar dengan mengatasnamakan investasi telah mengakibatkan kerusakan alam.

“bencana alam yang terjadi di tanah Papua adalah akibat dari kelalaian dalam pengelolaan lingkungan oleh Pemerintah Daerah setempat. Banyaknya aturan yang dilanggar dengan mengatasnamakan investasi telah mengakibatkan kerusakan alam”, David F. Nordfolk.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa kebijakan Pemerintah Pusat untuk lebih mengambil peran didalam mengelola Papua merupakan langkah yang tepat. Melalui pendekatan yang humanis serta pengelolaan anggaran yang akuntabel dan transparan, diharapakan isu Papua dapat diselesaikan setelah sekian puluh tahun.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.