IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kejaksaan dan Kepolisian Samakan Persepsi Terkait Kasus Gula Ilegal

IndonesiaBicara-Pontianak, (08/10/11). Polda Kalbar serius tangani kasus gula ilegal yang selama ini marak terjadi dan sulit diproses secara hukum. Melalui rapat koordinasi antara Kapolda Kalbar Brigen Pol Sukrawardi Dahlan beserta jajaran dengan Kajati Kalbar Jasman Panjaitan beserta jajaran di Graha Khatulistiwa Kalbar (06/10), dilakukan pembahasan yang menyamakan persepsi mengenai penanganan kasus gula ilegal.

Pasal penyelundupan yang selama ini digunakan untuk menjerat para pelaku kasus gula ilegal tidak cukup kuat, banyak berkas gula ilegal yang dikirim Polisi ditolak Kejaksaan karena alasan masalah kepabeanan. Karenanya hasil pertemuan pada rakor kemarin disepakati bahwa untuk mengantisipasi kasus ini digunakan pasal lain yakni UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen dimana yang menjadi subjeknya adalah pelaku usaha.

Dengan cara pandang yang sama antara pihak Kepolisian dan Kejaksaan diharapkan kasus-kasus yang ditangani Polda Kalbar dalam hal ini gula ilegal tidak lagi menjadi terkendala. Jika berkas sudah dianggap lengkap oleh Kaksa maka akan segera P21 dilimpahkan ke Pengadilan.

Esensi dari pemberlakuan Undang-undang Perlindungan Konsumen atas kasus gula ilegal adalah tidak membiarkan para pelaku kasus menjadi kebal hukum. Di Kalbar, kasus gula ilegal banyak terjadi namun tersangka yang terlibat peredaran gula ilegal tidak dapat diproses hukum.

Untuk periode 2011, Polda Kalbar telah menyita 27 juta ton gula ilegal, diantaranya ditangani Reserse Khusus 1 kasus, Polair 2 kasus, Polresta Pontianak 1 kasus, dan Polres Singkawang 1 kasus.

Selain penegakan hukum oleh pihak Kepolisian dan Kejaksaan, peran masyarakat untuk turut memberantas kasus gula ilegal juga diharapkan, terlebih setelah adanya penyamaan persepsi mengenai landasan hukum untuk menangani kasus gula ilegal ini. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.