IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Kampanye Pelestarian Penyu: Only One From 1000 Will Survive

IndonesiaBicara-Badung, 16 Juli 2009. 30 Aktifis dari Profauna Indonesia dan Profauna Bali mengadakan kampanye pelestarian hewan penyu di Pantai Kuta, Badung, Bali. Aksi dilakukan dengan membentangkan spanduk sepanjang 100 meter yang bertuliskan ”only 1 from 1000 will survive, they won’t survive without your help” serta membagikan stiker bertuliskan ”only one from 1000 will survive.”

Koordinator Profauna Bali, I Wayan Wiradnyana mengatakan bahwa Tema kampanye tersebut diambil karena menurut penelitian, rata-rata dari 1000 ekor anak penyu hanya ada satu yang akan survive sampai dewasa dan berkembang, sehingga hewan penyu sangat rentan terhadap kepunahan. Wiradnyana menambahkan bahwa perdagangan penyu dan telurnya yang cukup marak di Bali merupakan perbuatan kriminal, karena penyu adalah satwa yang telah dilindungi oleh Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. ”Pelakunya dapat diancam hukuman penjara 5 tahun dan denda maksimum Rp. 100 Juta.”

Chairman Profauna Indonesia, Rosek Nursahid yang juga hadir dalam aksi tersebut mengatakan Perdagangan penyu terselubung dan tertata rapi dengan membuat taman penyu (turtle park) kini sedang memasuki masa trend. Menurutnya, adanya rasa tidak sadar yang timbul ditengah masyarakat bahwa penyu yang ditangkap, setelah itu di pertunjukkan ke wisatawan/display, dan apabila penyu itu sudah besar, nanti akan dipotong dan dagingnya dibuat makanan untuk dijual.

Tahun 1999 penyu yang diperdagangkan sebanyak 27.000-30.000 ekor, sedangkan tahun 2002 turun menjadi sekitar 20.000 ekor, dan tahun ini penyu yang masih diperdagangkan sekitar 2.000 ekor. Rosek juga menghimbau Pemerintah agar mewaspadai adanya eksploitasi penyu yang mengatasnamakan konservasi, karena ini cara terbaru untuk melakukan bisnis penyu.

Artis Melanie Subono yang juga hadir dalam aksi tersebut memandang penyu sebagai satwa unik yang bisa menjadi daya tarik wisatawan jika tetap dilestarikan. Menurutnya Membunuh hewan penyu justru akan memberikan dampak negatif bagi pariwisata di Bali. (Ari)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.