IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Intensitas Hujan Akibatkan Banjir

Indonesiabicara.com-Hamparan Perak (28/9/12) Hujan lebat yang terjadi beberapa hari terakhir memicu banjir di beberapa kawasan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sehingga mengakibatkan sedikitnya 200 rumah terendam air dari hujan yang terus menerus.

Kawasan yang dilanda banjir itu terutama di Perumahan Sri Gunting, Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak.

Menurut warga, banjir ini terjadi sejak Selasa (25/9/12). Pemicunya hujan deras dan kondisi perumahan itu yang dulunya merupakan daerah resapan air. “Kawasan perumahan ini bentuknya seumpama kuali, kita di tengah. Maka kalau hujan deras, airnya kemari semua ngumpulnya,” kata Suharman Purba (42) salah seorang warga.

Disebutkan Purba, kejadian banjir ini terjadi sampai beberapa kali dalam setahun. Hanya saja kali ini, volume air lebih banyak dan ketinggiannya mencapai sedada pria dewasa. “Sekarang ini yang paling tinggi, satu meter lebih. Biasanya cuma selutut,” tukas Purba.

Kepala Dusun VI Hamparan Perak, Marwan (58) mengatakan, persoalan banjir ini sudah disampaikan kepada pihak kecamatan. Hanya saja, bantuan belum ada dikucurkan. “Belum ada bantuan, padahal banjir sudah tiga hari,” kata Marwan seraya menambahkan, banjir ini menyebabkan sebagian warga kawasan itu mengungsi ke rumah sanak-saudaranya.

Perlu adanya perhatian khusus untuk drainase di wilayah yang sering terjadi banjir, apakah disebabkan karena saluran drainase kurang besar atau terhambatnya dikarenakan sampah yang menumpuk di drainase. Pemkab Deli Serdang perlu melakukan tindakan yang cepat sehingga tidak merugikan banyak masyarakat. (H3rd4)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.