IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

HTI NTB : Ada Apa Dibalik Pembatasan BBM Bersubsidi

HTI pertanyakan kenaikan harga BBM dan menolak dengan keras wacana yang digelontar oleh pemerintah untuk menaikan harga jual BBM bersubsidi.

IndonesiaBicara.com–Mataram, (26/02/12). HTI berpendapat bahwa kenaikan harga BBM dan mencabut subsidinya itu hanya akan menguntungkan pihak asing dan akan menyengsarakan rakyat.

“Rakyat yang akan menanggung akibat kenaikan BBM ”, ucap Ketua DPD HTI NTB Ustazd Sulaiman, dalam Dialog Halqah Islam dan Peradaban HTI NTB, Minggu (26/02) pagi di Kota Mataram.

Sulaiman juga menganggap alasan pemerintah untuk menaikkan dan mencabut subsidi BBM tidak logis. Dimana pemerintah berasumsi subsidi dicabut karena akan membebani APBN dan memanjakan rakyat.

“Itu semua asumsi dari pemerintah sebagai alasan untuk mencabut subsidi BBM”, paparnya.

Sementara itu ia juga mengkritik kebijakan dari pemerintah terkait dengan pemberian bantuan pada masyarakat setelah subsidi dicabut. HTI sendiri menganggap bahwa bantuan langsung pada masyarakat tersebut hanya untuk pencitraan yang dilakukan oleh pemerintah disamping alasan politis saja.

Kalaupun ada sumsidi hanya untuk mengimbangi kelompok tertentu agar bisa dan mampu untuk belanja atau membeli saja. Sementara itu Ketua DPP HTI Bidang Ekonomi, Harim Nasim, menjelaskan bahwa kenaikan harga BBM dan pemangkasan subsidi itu semua karena adanya liberalisasi dan swastanisasi perusahaan pengelola minyak dan gas.

“Jadi apa solusi yang diberikan oleh pemerintah menguntung pihak swasta/asing rakyat jadi buntung ”, ucapnya.

Sedangkan akar masalah BBM bukan pada pemberian subsidi tapi, pengelolaan ladang minyak dan perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas saat ini sudah banyak dikuasai oleh asing.

Namun walaupun mengkritik kebijakan tersebut, HTI juga memberikan solusi yaitu meminta pada pemerintah untuk mencabut Undang-Undang Gas dan pengelolaannya oleh pemerintah secara prefesional, dan menuntut kembalikan pengelolaan secarah syariah islam pada negara yang nantinya menguntungkan rakyat dan pemerintah. (Ary)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 15 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.