IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

FOPKIA Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan

Indonesiabicara.Com–TIGARAKSA (23/04/2014) Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FOPKIA) berencana akan mulai melakukan deklarasi untuk wilayah Kabupaten Tangerang pada 30 April, yang diharapkan dapat menekan angka kematian ibu pada saat melakukan proses persalinan. Menurut statistik bahwa angka kematian ibu dan bayi pada saat persalinan di Kabupaten Tangerang dinilai cukup tinggi untuk wilayah Provinsi Banten.

Ketua program kesehatan Ibu dan anak Muhammad Kholid mengatakan kepada Indonesiabicara.com, bahwa pelaksanaan program penyelamatan ibu dan anak pada saat persalinan di wilayah Provinsi Banten sudah dilakukan di beberapa wilayah antara lain di Serang dan Cilegon. FOPKIA akan mulai berencana melaksanakan program di wilayah Kabupaten Tangerang dengan mengandeng beberapa ormas seperti MUI, NU dan Muhammadiyah yang diharapkan dapat bekerja sama dalam membantu program FOPKIA, “Kami berharap program penyelamatan ibu dan bayi dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Tangerang dengan adanya kerjasama dari masyarakat”. tutur Kholid.

FOPKIA akan berusaha mengajak seluruh elemen masyarakat di dalam menekan angka kematian persalinan ibu dan bayi di Kabupaten Tangerang, Selain itu masyarakat juga harus mengetahui terkait dengan adanya program kesehatan yang sudah mulai digulirkan oleh pemerintah seperti BPJS. Masyarakat harus dapat menjadi anggota dalam program BPJS, sehingga untuk permasalahan kesehatan masyarakat dapat dibantu oleh pemerintah, lanjut Kholid kepada Indonesiabicara.com

Masih banyaknya masyarakat daerah terpencil yang melakukan persalinan kepada dukun bayi sehingga apabila terjadi sesuatu yang membutuhkan bantuan medis akan menajdi terlambat. FOPKIA berencana akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kedepan dukun bayi dan Bidan dapat bekerja sama dengan baik, sehingga apabila seorang ibu hendak melakukan persalinan dan membutuhkan bantuan medis dapat segera mendapatkan pertolongan dan angka kematian persalinan ibu dan bayi dapat ditekan di Kabupaten Tangerang, tandas Kholid. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.