IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

FKUB Kabupaten Tangerang Gelar Pembinaan Umat Beragama

Indonesiabicara.com–PANONGAN (22/09/2014) Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tangerang menggelar acara pembinaan umat beragama dengan mengambil thema “Dengan Pembinaan Umat Beragama Mari Kita Tingkatkan Kehidupan Bermasyarakat Yang Kondusif Dan Agamis di Kabupaten Tangerang”, dengan mengambil tempat di Sport Centre Citra Raya, Senin (22/9).

Salah satu pembicara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Drs. H. Zaenal Arifin,MM,M.Sc mengatakan,Sikap pluralisme di Indonesia harus terus di tingkatkan dalam menjaga kerukunan beragama di Kabupaten Tangerang, karena dalam sikap pluralisme terdapat nilai berkah, keragaman, sosial dan budaya. Keberagaman beragama juga harus memiliki toleransi di dalam memahami perbedaan keyakinan di antara kita sebagai bangsa yang majemuk, dengan tidak mengukur kepercayaan orang lain dengan keyakinan sendiri, ujar Zaenal Arifin kepada Indonesiabicara.com.

“Kita sebagai masyarakat harus dapat menjaga silatuhrami yang baik antar pemeluk agama, sehingga diharapkan tercipta kehidupan kerukunan yang baik di masyarakat tanpa harus terjadinya sikap apatis antar pemeluk agama”.

Memaknai keragaman merupakan tolak ukur pintu gerbang pilar perekat persatuan dan kesatuan sebagai modal dasar bagi kelangsungan pembangunan nasional,ujar Zaenal.

 

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Tangerang, Afif Hafifi kepada Indonesiabicara.com mengatakan, Prinsip setiap agama adalah mengajarkan kebaikan didalam hidup berdampingan satu dengan yang lain tanpa perlu adanya kekerasan dalam meyelesaikan suatu persoalan, ujar Fifi.

 

Melanjutkan Fifi mengatakan, Keanekaragaman agama yang ada di Indonesia akan berkembang bila setiap orang mau menhargai perbedaan tersebut dan setiap bahasa daerah yang ada di Indonesia akan tetap terpelihara bila kita mau memeliharanya. Penguatan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan kebijakan pemerintah dalam pemeliharaan kerukunan antar umat beragama dan NKRI merupakan konsesus nasional yang harus di junjung tinggi oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia, tandas Fifi. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.