IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

FKPPI Siap Berperan Aktif Bangun Tangsel

IndonesiaBicara.com-SERPONG (12/09/14). Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia mengklaim memiliki 12 juta anggota yang tersebar diseluruh Indonesia. Angka tersebut jumlahnya terhitung cukup besar untuk mendirikan sebuah partai politik. Meski jumlahnya besar, namun FKPPI ogah berpolitik praktis. Alasannya organisasi ini hanya sebagai wadah sosial dan organisasi kemasyarakatan lainnya. “Anggota kita yang terdaftar mencapai 12 juta. Jumlahnya bisa bertambah, sebab angka tersebut hanya berdasarkan anggota yang mempunyai kartu FKPPI.

Bila ditambah dengan jumlah anggota yang belum terdaftar bisa lebih banyak lagi,” kata pengurus pusat FKPPI, Bahriyoen S, kemarin. Bahriyoen S mengatakan alasan organisasinya tidak terjun ke politik praktis didasarkan kepada semangat berdirinya FKPPI, yakni sebagai wadah berkumpulnya putra-putri purnawirawan

Meskipun ia mengakui pada awal reformasi sempat tercetus agar FKPPI dijadikan sebuah partai politik. Namun karena berbagai pemikiran dan aspirasi anggota, akhirnya FKPPI tidak menjadi parpol. Bahriyoen mengungkapkan, walaupun tidak menjadi parpol, namun FKPPI bisa berkarya dengan menyumbangkan pikirannya demi bangsa dan Negara. “Semangat FKPPI kan sesuai dengan Sapta Marga, yakni berbakti kepada Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Kata dia, sebagai organisasi FKPPI sudah terjun langsung dalam pelbagai kegiatan sosial.

Misalnya turun langsung dalam acara-acara sosial, seperti bencana alam dan sejenisnya. Ia mengatakan sudah berbagai kegiatan sosial, FKPPI turun langsung membantu masyarakat.

“Kalau ada kejadian seperti banjir, gunung meletus, FKPPI pasti turun menerjunkan anggotanya,” imbuhnya.
Ditanya apakah masih ada keinginan FKPPI bakal jadi parpol, ia enggan menjelaskan. Yang terpenting wadah bagi anak purnawirawan TNI/Polri ini masih bisa eksis. Apalagi, lanjut dia, anggota FKPPI banyak yang terjun ke politik dengan menjadi kader parpol. Mereka banyak yang sukses dengan menjadi anggota Dewan, Bupati/Walikota, bahkan menjadi Presiden. “Jadi untuk apa membentuk parpol kalau anggota FKPPI sudah banyak yang sukses di dunia politik praktis,” ujarnya.

Ketua FKPPI Kota Tangsel Gacho Sunarso, mengatakan, sejak awal berdiri FKPPI memang dikhususkan sebagai organisasi kemasyarakatan.

Tugas ormas turut langsung berpartisipasi untuk membangun Bangsa dan Negara. Ia mencontohkan di Kota Tangsel dimana FKPPI turut berperan aktif membantu Pemkot dalam menjalankan program pemerintah yang pro rakyat. Seperti mengawasi dan memastikan bahwa program tersebut benar-benar dirasakan oleh masyarakat kecil. “Kita juga berkomunikasi dengan Pemkot untuk memberikan ide bagaimana program pemerintah bisa tepat sasaran dan berjalan,” kata Gacho yang juga tercatat sebagai anggota DPRD Kota Tangsel.

Politisi Partai Demokrat ini mengungkapkan kedepannya FKPPI akan terus ikut membangun pemerintah dengan pelbagai kegiatan. Tidak masuk ke dalam kekuasaan, menurut Gacho tidak masalah, yang terpenting FKPPI bisa berperan aktif dalam pembangunan.(Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.