IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

DPC K-SPSI Kabupaten Tangerang Serukan “Tolak Sistem Kerja Kontrak/Outsourching”

Indonesiabicara.com—Tigaraksa(01/10/2012) Ratusan buruh yang tergabung dalam DPC K-SPSI Kabupaten Tangerang melakukan aksi unjuk rasa bersama dengan mensosialisasikan penolakan sistem kerja kontrak dan Outsourching kepada seluruh pengusaha yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

 

Ketua DPC K-SPSI Kabupaten Tangerang Imam Sukarsa mengatakan, aksi hari ini kami melakukan aksi bersama dengan seluruh Pimpinan Unit Kerja/PUK dan seluruh anggota yang tergabung dalam K-SPSI untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh pengusaha serta buruh yang ada di Kabupaten Tangerang untuk bersama-sama menyerukan penolakan sistem kerja kontrak dan Outsourching dan mendukung adanya upah layak bagi semua buruh, ujarnya.

 

“Tolak sistem kerja kontrak yang hanya akan merugikan kaum buruh dan segera cabut Permen No 17 tahun 2005 yang dinilai tidak sejalan dengan aspirasi kaum buruh” .

 

Dengan tidak adanya jaminan terhadap seluruh pekerja buruh seperti jaminan mendapatkan pesangon, jaminan kesehatan dan jaminan untuk berorganisasi bagi buruh dengan status outsourching merupakan salah satu tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia/HAM yang dilakukan Negara terhadap para buruh/pekerja, tambah Imam.

 

Pada era reformasi saat ini masih banyak kebijakan-kebijakan pemerintah yang sampai saat ini belum berpihak kepada kaum buruh yang dapat dilihat dari produk pemerintah yaitu Undang-undang N0 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan didalam pasal 65 ayat 2 yang berisi “Pekerjaan yang dapat diserahkan kepada perusahaan lain/ Outsourching harus memenuhi syarat-syarat antara lain dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama, dilakukan dengan perintah langsung atau tidak langsung dari pemberi pekerjaan, merupakan kegiatan penunjang perusahaan secara keseluruhan dan tidak menghambat proses produksi,Pungkas Ketua DPC K-SPSI Kabupaten Tangerang. (Aditya/*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 11 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.