IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Dirjen HKI Layani 40 Ribu Pengajuan Hak Kekayaan Intelektual

IndonesiaBicara.com-SERPONG (21/11/13). Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM, melayani 40 ribu lebih permintaan pengajuan HKI untuk produk. Namun, dari jumlah tersebut, produk impor lah yang paling banyak masuk mendaftarkan produknya.

“60 persen produk luar, 40 persennya dalam negeri,” ujar Kepala Seksi Penelusuran Paten, Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM, Benny Setiawan, disela-sela sosialisasi HAKI di Serpong,Kamis (21/11)

Benny menjelaskan, angka tersebut menunjukan kurang inisiatifnya warga lokal untuk mendaftarkan merek produk mereka di HKI. Benny mengumpamakan, dalam satu hari, ada seratus pendaftar HKI, dan jumlah tersebut didominasi oleh merek luar.

“Kami berharap warga lokal mulai menyadari betapa pentingnya HKI. Kita mulai dari sektor UKM dulu,” ujarnya.
Untuk mendaftarkan merek, HKI hanya meminta syarat foto copy KTP dan NPWP. Kemudian merek yang didaftarkan pun belum ada yang memiliki dan mendaftarkan ke HKI sebelumnya, sebab, siapa cepat daftar dialah yang mendapat hak patennya.”Dan dikenakan uang pendaftaran Rp 600 ribu,” ungkapnya.

Sementara itu, dikatakan Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Ferry Fayacun, sekitar 40 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) nya, gratis mengurus HKI nya.
Namun, perlu ada yang harus diperhatikan. Antara lain, tidak adanya merek produk yang sama dengan merek lain yang sudah terdaftar di HKI. “Originalitas merek produk harus diperhatikan, kami pun selektif. Namun dalam setahun, kami target ada seratus IKM yang akan kami daftarkan HKI nya,” katanya. (Rin)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.