IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Direktur Institute Kalaway Muda: “Otsus dibidang Pendidikan Sudah Berhasil..”

Direktur Institute Kalaway Muda, Nanny Uswanas, mengatakanm  pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pendidikan di Papua dan Papua Barat sudah mengalami progress. Menurut Nanny, adanya peningkatan SDM  bidang pendidikan tak lain karena dampak dari dana otonomi khusus (Otsus) yang diberikan Pemerinta Pusat. 

“Sejauh ini dampak Otsus terhadap Tanah Papua di sektor pendidikan sudah banyak teman-teman Papua menjadi sarjana dan lainya. Mereka dapat beasiswa dari Otsus Pemerintah Pusat”, ujar Nanny.

Sementara itu tokoh Pemuda Papua, Ali Kabiay, mengatakan bahwa dana Otsus dari Pemerintah Pusat untuk Papua selama ini cukup berhasil. Otsus selama ini berjalan baik didalam membangun SDM Papua di bidang pendidikan.

 “Otsus Papua tidak gagal. Harus ada evaluasi, kenapa? supaya mengetahui kelemahan dan kelebihan di bidang pendidikan khususnya. Jadi, jangan salahkan pemerintah pusat dengan dana otonomi khususnya,” ujar Ali. 

Lebih lanjut, Ali mengimbau dana Otsus harus disalurkan dengan baik dan tepat sasaran bagi generasi penerus anak-anak Papua. Secara mekanisme dana Otsus dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua, sebab itu dana Otsus harus dimanfaatkan dengan baik dan ada evaluasi. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan akan memperpanjang pemberian dana otonomi khusus. Namun, Presiden menginginkan evaluasi menyeluruh harus dilakukan. ”Saya minta dilihat lagi secara detail bagaimana pengelolaannya, transparansinya, akuntabilitasnya. Hal itu sangat penting. Good governance-nya, penyalurannya, apakah betul-betul sudah tersampaikan ke masyarakat, apakah sudah tepat sasaran, output-nya seperti apa, kalau sudah jadi barang, barang apa,” ungkap Jokowi beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 4 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.