IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Data Pengguna KTP Pada Pilpres 2009

IndonesiaBicara, 13 Juli 2009. Anggota Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Propinsi Jawa Tengah Edi Pranoto mengatakan bahwa hingga hari ini data jumlah pemilih pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009 di Jawa Tengah yang meggunakan KTP adalah 22.424 orang. Dari 25 kabupaten dan kota yang datanya sudah masuk, diantaranya adalah Kota Semarang yaitu 5989 orang, Kabupaten Banjarnegara sejumlah 3853 orang, Kabupaten Cilacap sejumlah 2582 orang dan Kabupaten Banyumas sejumlah 1849 orang. Dirinya mengatakan bahwa dari jumlah tersebut Panwaslu dapat mengevaluasi, bahwa kinerja petugas pemutakhiran data kurang optimal dalam penyusunan daftar pemilih tetap (DPT). Selain itu, Edi Pranoto juga mengakui bahwa pada Pilpres 2009 ini memang terdapat masalah DPT seperti yang telah diberitakan.

Sementara itu menurut Anggota Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah, Awong Ganda pihaknya belum bisa memastikan jumlah pemilih yang menggunakan KTP pada Pilpres 2009. Hal ini terjadi karena banyak TPS yang tidak menggunakan formulir isian untuk pemilih pengguna KTP. Surat edaran dari KPU terlambat disampaikan ke TPS yang letaknya jauh, sehingga jumlah pengguna KTP bergabung dengan jumlah pemilih tambahan. (DA/FA)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.