IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

BLHD Tangsel – BSD City, Buat MOU Pengendalian Lingkungan

IndonesiaBicara.co-Tangerang Selatan (14/11/12) Pengembang Bumi Serpong Damai (BSD) dan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyepakati nota kesepahaman tentang pengawasan, pengendalian, dan pengelolaan lingkungan di kawasan Timur BSD. Hal itu dilakukan untuk memudahkan pengawasan yang dilakukan BLHD.

Dalam penandatangan nota kesepahaman atau Memorendum Of Understanding (MoU) lingkungan tersebut, ditorehkan langsung Kepala BLHD Tangsel Rahmat Salam, dan Direktur BSD City Petrus Kusuma, Selasa (13/11).  “Kerjasama ini lebih difokuskan pada kiat memudahkan penngawasan, pemantauan, pemeriksaan lingkungan yang dilaksanakan di BSD kawasan Timur,” kata Kepala BLHD Rahmat Salam.

Rahmat mengatakan, dalam nota kesepahaman itu, dituangkan poin yang mewajibkan BSD City untuk memperhatikan lingkungan, dengan menyerahkan rekapitulasi seluruh jenis usaha, kegiatan dan juga perusahaan yang dalam aktifitasnya membutuhkan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), yang juga wajib diawasi dan dikendalikan BLHD.

“Jadi, BSD akan menyerahkan kepada BLHD seluruh rekapitulasi kegiatan berkaitan dengan Amdal, mulai skala A, B hingga C. Dimana, rekapitulasi kegiatan yang membutuhkan amdal ini nantinya akan memudahkan BLHD melakukan pengawasan dan pengendalian,” singkatnya.

Setelah nota kesepahaman ini dilaksanakan dengan BSD City , mendatang, lanjut Rahmat, pihaknya akan melakukan hal yang sama dengan seluruh pengambang di wilayah Kota Tangsel. Seperti, Alam Sutera, Bintaro Jaya, Melati Mas, sampai pengembang kecil yang ada.

“Intinya, kami juga memberikan kesadaran kepada pengembang untuk peduli terhadap lingkungan.  Dimana hal itu jadi kewajiban pengembang dan juga kewajiban pemerintah mengawasinya. Sehingga, pengembangan apa pun yang nanti dilakukan tidak merusak tatanan lingkungan yang sangat penting keberadaannya,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur BSD City Petrus Kusuma menyampaikan, pihaknya mendukung penuh upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Bahkan, tegas Petrus, BSD sejak awal berkomitmen untuk melestarikan lingkungan yang dikembangkannya. “Nota ksepahaman ini menguntungkan bagi kami dan baik untuk pemerintah,” singkatnya. (rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 7 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.