IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Antisipasi Kenaikan Harga, Disperindag Akan Mengadakan Pasar Murah

IndonesiaBicara-Serang, (13/08/10). Kenaikan harga barang dan kebutuhan pokok memang terjadi di Kabupaten Serang, situasi seperti ini hanyalah trend sesaat menjelang bulan Ramadhan selanjutnya harga barang-barang tersebut akan kembali turun ke harga normal.

Beberapa hari sebelum hari pertama Ramadhan harga bahan-bahan yang tidak tahan lama seperti cabai, daging dan telur, pasti akan naik karena ada keperluan sesaat yang meningkat. Biasanya seminggu sebelum Lebaran sampai beberapa hari setelah Lebaran harga akan naik lagi, karena ada permintaan yang meningkat disaat tertentu.

Kenaikan ini bukan karena ulah spekulan melainkan karena tingginya permintaan masyarakat. Permintaan masyarakat terus naik tetapi barang-barang yang tersedia di pasaran kurang mencukupi. Untuk menghindari lonjakan harga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Serang akan mengadakan pasar murah yang akan diadakan tanggal 23 dan 24 Agustus 2010 di Baros dan Kecamatan Ciruas. Pasar murah tersebut akan dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang.

Menurut Staf Pelaksana Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kabupaten Serang Ahmad Subari, tujuan diadakannya pasar murah ini untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran, mengingat situasi harga kebutuhan pokok yang cenderung naik menjelang Hari Raya Lebaran.

Dengan adanya pasar murah tersebut diharapkan akan berdampak pada stabilitas harga ditingkat pasar, sehingga masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok sekaligus memberikan peringatan kepada pedagang agar tidak menaikkan harga sembarangan kepada konsumen. Melalui pasar murah ini masyarakat dapat membeli dengan harga yang murah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan meringankan beban pengeluaran masyarakat terutama pada bulan Ramadhan. (Aditya)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 9 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.