IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Aksi SIMAK di Pengadilan Tinggi Sultra

Aksi pembakaran spanduk di teras Pengadilan Tinggi Sultra.

IndonesiaBicara-Kendari, (12/02/10). Puluhan masa yang mengatasnamakan dirinya Koalisi Masyarakat Anti Korupsi (SIMAK) Sulawesi Tenggara, menyuarakan aspirasinya di Pengadilan Tinggi (PT) Sulawesi Tenggara atas indikasi korupsi di Kabupaten Bombana. Aksi sempat menimbulkan ketegangan dengan adanya pembakaran spanduk di teras PT Sultra. Pihak PT Sultra mengganggap tindakan tersebut tidaklah sopan dan berteriak ke aparat Kepolisian untuk menangkap peserta aksi unjuk rasa.

Saninuh Kasim selaku Koordinator Lapangan pengunjuk rasa dalam orasinya mendesak Ketua PT Sultra untuk menangkap kembali Haikal karena statusnya sebagai terdakwa dalam kasus indikasi korupsi APBD Kabupaten Bombana.

Pihaknya mengingatkan bahwa intruksi Mahkamah Agung RI, tersangka kasus korupsi tidak bisa diberikan penangguhan/pengalihan status tahanan. Ketua PT Sultra juga diminta untuk melaporkan kepada Komisi Yudisial  atas pelanggaran yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri (PN) Bau-Bau, sehingga para hakim yang terlibat dalam kasus ini dapat diberi sanksi tegas.

Massa yang tiba sejak pukul 10.00 WITA menyatakan sikap tegas ke pihak PT Sultra. Mereka juga menuntut jika tidak dipenuhi maka kami menyatakan mosi tidak percaya terhadap kinerja aparat penegak hukum di PN Bau-Bau dan PT Sultra.

Hakim PT Sultra M Tarid Palimari, SH saat menerima para demonstran mengatakan, bahwa kasus tersebut sementara ini masih dalam proses persidangan, pihaknya telah menghimbau kepada majelis hakim terkait untuk segera menyelesaikan kasus tersebut.

“PT Sultra telah melakukan langkah-langkah pemeriksaan terhadap PN Bau-Bau dan hasil pemeriksaan tersebut sudah dikirim ke Mahkamah Agung, untuk itu mari kita sama-sama menunggu hasilnya, tegas Palimari. (KmK)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 14 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.