IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

4 Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ramaikan Pendaftaran di KPU Lombok Utara

IndonesiaBicara.com-Lombok Utara, (15/03/10). Tahapan Pemilukada Kabupaten Lombok Utara (KLU) saat ini memasuki masa pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Dan hingga tanggal 14 Maret 2010 sudah ada 4 pasangan yang mendaftar di Sekretariat KPU KLU. Masa pendaftaran ditutup pada tanggal 16 Maret 2010 pukul 00.00 Wita.

Pasangan yang dinyatakan lulus verifikasi tahap awal yaitu pasangan H Djohan Sjamsu, SH-Najmul Akhyar, SH, MH, pasangan Jasman Hadi-M.Katur, pasangan Drs Subartono-Drs Raden Nurjati, dan pasangan Ahmad Rifai-Syarifuddin, SH.

Pasangan H Djohan Sjamsu, SH-Najmul Akhyar, SH, MH disingkat JONA hingga masa pendaftaran didukung oleh koalisi 7 partai yang memiliki keterwakilan 9 kursi di parlemen dari jumlah total kursi sebanyak 25. Adapun partai yang mengusung pasangan ini yaitu Demokrat, Hanura, PKS, PKB, PPPI, PDP dan PNI-Marhaenisme.  Ketua Tim Pemenangan JONA Fajar Martha, S Sos menanggapi dukungan ini mengemukakan, jumlah dukungan terhadap JONA melebihi target minimal 15% keterwakilan di parlemen atau 4 kursi.

Sedangkan pasangan  Jasman Hadi-M.Katur yang disingkat JAKA hingga masa pendaftaran kemaren didukung oleh 5 partai yaitu Partai Pakar Pangan (PKP), PPRN, PNI-Marhaenisme, PDP dan PKPI yang memiliki 5 keterwakilan di parlemen.

Berbeda halnya Golkar sebagai partai dengan perolehan kursi terbanyak di KLU bersama PDI-Perjuangan mendukung pasangan Drs Subartono-Drs Raden Nurjati yang disingkat SUBUR memiliki keterwakilan 4 kursi di parlemen.

Pasangan terakhir yang terdaftar adalah bakal calon Ahmad Rifai-Syarifuddin, SH. Pasangan ini membidik persyaratan dari jumlah suara sah. Hal tersebut karena mereka diusung oleh beberapa partai yang tidak memiliki perwakilan di parlemen. Koalisi partai yang mendukung pasangan ini antara lain, Gerindra, PKPB, PDS, PPIB, PNBKI, PPD dan PBB dengan persentase suara sah 19,6%.

Ketua KPU Lobar, Suhaimi Syamsuri, SAg, MSi menyatakan 4 bakal calon bahwa dinyatakan lulus tahapan awal pendaftaran dan berhak mengikuti tahapan berikutnya yaitu pemeriksaan kesehatan. Namun pihaknya menegaskan bahwa ini bukan merupakan satu-satunya penilaian hingga ditetapkan menjadi pasangan calon, karena ada tahap verifikasi berkas dan persyaratan lainnya terhadap bakal calon. (pul)

1 komentar untuk4 Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Ramaikan Pendaftaran di KPU Lombok Utara

  • SUBUR

    Setahu saya Ketua Pemenangan JONA, Fajar Martha statusnya masih aktif sebagai kepala desa Sokong, Bukankah aparat pemerintah harus netral. Sepertinya ada pelanggaran. Bila sejak awal ada pelanggaran, terus bagaimana selanjutnya?

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 6 + 3 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.