IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

10 T Untuk Infrastruktur Papua Sepanjang Tahun 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat  (PUPR) telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 6,12 triliun di TA 2021 guna pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua.  Anggaran tersebut akan digunakan pada beberapa proyek seperti bidang SDA Rp 670 miliar, jalan dan jembatan Rp 4,46 triliun, permukiman Rp 650 miliar dan perumahan Rp 330 miliar.

Sementara itu, Kementerian PUPR juga mengalokasikan anggaran pembangunan di Provinsi Papua Barat sebanyak Rp 3,67 triliun.     Anggaran tersebut akan digunakan  untuk bidang SDA Rp 600 miliar, jalan dan jembatan Rp 2,54 triliun, permukiman Rp 320 miliar dan perumahan Rp 200 miliar.

Menyikapinya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa untuk mewujudkan infrastruktur yang andal sekaligus menjawab tantangan yang dihadapi di Provinsi Papua dan Papua Barat, Kementerian PUPR berkomitmen melakukan empat program. Pertama, pemerataan pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kedua, dukungan afirmatif pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Papua. Ketiga, pelaksanaan Program Padat Karya Tunai (PKT). Keempat, pemenuhan kebutuhan dan pelayanan dasar dengan dukungan infrastruktur PUPR.

“Peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua dilakukan dengan membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan akses serta konektivitas dari darat maupun multimoda. Di antaranya telah kami bangun Jalan Trans Papua 3.534 km, Jalan Perbatasan Papua 1.098 km dan Jembatan Youtefa 1,3 km,” ujar Basuki Hadimuljono.

Lebih lanjut, Basuki Hadimuljono berharap Kementerian PUPR dapat turut serta didalam memberikan solusi dan kontribusi nyata untuk menjawab tantangan dan memajukan masyarakat Papua.

“Kami akan betul-betul memperhatikan tata kelola dalam pelaksanaannya, agar tepat mutu, tepat sasaran dan tepat administrasi,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.