IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Y. Wijaya: Kemenangan Ical Karena Money Politics

IndonesiaBicara.com – Jakarta (9/10). Terpilihnya Abu Rizal Bakrie sebagai Ketua Umum Golkar pada Munas Golkar di Pekanbaru, tidak lepas dari faktor “gizi” (money politics), demikianyang dikatakan oleh Yunarto Wijaya (Analis Politik CHARTA POLITICA) di Jakarta, Kamis (8/10).

“Kemenangan Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Partai Golkar 2009-2014 dalam Munas Partai Golkar di Pekanbaru, Riau dengan mengalahkan calon kuat Surya Paloh tidak terlepas dari faktor ’gizi’ (money politics). Faktor ’gizi’ dalam politik, khususnya politik praktis merupan hal yang lazim dan sering dilakukan oleh elite-elite partai politik”, demikian penegasan Y Wijaya.

Ketatnya persaingan antara Aburizal Bakrie dengan Surya Paloh dalam pemilihan Ketua Umum Partai Golkar menggambarkan positioning Partai Golkar yang kuat, khususnya di tingkat elit. Selain itu, ketatnya persaingan dalam pemilihan Ketua Umum Partai Golkar juga menggambarkan ketatnya persaingan pengaruh SBY dan Jusuf Kalla, lanjut Y. Wijaya.

Secara politis kemenangan Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Partai Golkar sangat menguntungkan pemerintahan SBY-Boediono, khususnya di parlemen (DPR). Partai Golkar dibawah pimpinan Aburizal Bakrie cenderung diarahkan untuk bergabung dengan pemerintah, bukan sebagai oposisi dari pemerintah.

Namun kemenangan Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Partai Golkar juga harus disikapi oleh partai-partai politik lainnya sebagai kebangkitan dan ambisi Partai Golkar untuk menjadi pemenang dan mengalahkan Partai Demokrat pada pemilu 2014, pungkas Y. Wijaya. (pri)

1 komentar untukY. Wijaya: Kemenangan Ical Karena Money Politics

  • kus

    Selamat kepada panitia Munas golkar yang diadakan di riau…
    selamat atas kesuksesannya dalam menyelenggarakan Munas yang sungguh luar biasa…
    walaupun ada sedikit insiden kericuhan dalam Munas tersebut.

    selamat atas terpilihnya Ical sebagai Ketum Golkar periode 2009 – 2015…
    semoga dibawah kepemimpinan ical, golkar bisa lebih menjadi mandiri serta lebih cerdas lagi…
    semoga segala kejelekan dimasa lalu segera lenyap…

    semoga golkar bisa menjadi partai yang bisa bersaing serta berkompetisi dengan jujur dan bersih…
    agar tercipta pemimpin yang bersih dimana masyarakat luas mengharapkan sosok pemimpin yang bisa membawa negeri ini semakin maju dan aman.amin

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.