IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Wisata ke Gili Trawangan

IndonesiaBicara.com-Lombok Utara (22/12/09). Berbicara tentang Lombok Utara mungkin orang kurang begitu tahu karena kabupaten ini memang baru saja terbentuk dan baru berumur sekitar 1 tahun. Namun ketika berbicara tentang Gili Trawangan siapa yang tidak tahu, dan tahukah kita bahwa Gili Trawangan merupakan kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Utara Propinsi NTB. Gili Trawangan bersama dengan 2 pulau lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air merupakan aset wisata dan sumber PAD kabupaten termuda di NTB ini.

Untuk mencapai kepualaun ini anda cukup merogoh kocek sepuluh ribu untuk Gili Trawangan,sembilan ribu untuk Gili Meno dan delapan ribu untuk Gili Air dari Pelabuhan Pemenang. Dari tarif tersebut memang Gili Trawangan merupakan pulau terluar dari gugusan
tiga gili ini. Namun dari ketiga pulau ini Gili Trawangan merupakan pulau dengan fasilitas  terlengkap dan paling ramai dikunjungi oleh turis baik mancanegara maupun turis lokal.

Penginapan yang berada di Gili Trawangan sendiri memiliki tarif yang relatif terjangkau. Namun, pada hari libur dan tahun baru maupun hari besar lainnya tarif tersebut naik karena banyaknya permintaan. Penginapan mulai dari tarif murah hingga high class tersedia di sini, tergantung ketebalan dompet masing-masing turis. Untuk yang berkocek tebal ada Villa Ombak, dan villa lainya yang bertarif lumayan mahal namun pelayanan eksklusif, sedangkan untuk yang berkocek biasa saja tersedia juga homestay yang bisa di tempati 3-5 orang dan memiliki fasilitas yang lumayan memadai. Untuk yang berkocek biasa atau backpacker homestay biasanya sedikit masuk ke perkampungan penduduk. Namun ketika memilih hendaknya jeli karena fasilitas tentunya yang menjadi tuntutan, meskipun harga murah.

Makanan di Gili Trawangan juga tergantung kocek masing-masing. Bagi yang berkocek tebal ada banyak resto yang menyediakan tawaran makanan bergaya internasional yang siap memuaskan hasrat kuliner orang berduit, sedangkan untuk backpacker banyak warung lokal yang menyediakan makanan dengan tarif yang lumayan terjangkau. Jika takut uang anda tidak cukup mungkin alangkah baiknya minta informasi tour guide tentang warung yang murah.

Kepulauan ini menawarkan pesona alamnya yang tidak dijumpai di kepulauan lainnya di Indonesia. Pesona pasir putihnya yang menghampar disepanjang garis pantai membuat mata setiap pengunjung tidak bosan berada dipulau ini. Disamping itu, pesona bawah airnya juga sangat menarik dan tidak kalah dengan pemandangan air di Bunaken maupun Bali. Pengunjung yang ingin menikmati pesona bawah air dapat memanfaatkan fasilitas snorkling ataupun diving. Untuk snorkling biaya sewanya tidak begitu mahal berkisar antara 20 ribu rupiah perhari sedangkan untuk diving 40 ribu rupiah untuk dua kali penyelaman tergantung paket selam dan penyelenggaranya.

Diakhir tahun 2009, pulau ini sudah mempersiapkan beberapa momen menyambut tahun baru. Salah satunya Big Bang Sunset to Sunrise Party yang diselenggarakan oleh Villa Ombak Lombok. Kegiatan ini dimeriahkan dengan adanya instrumen parade, pesta coctail, Lombok heritage gala dinner, dan acara pendukung lainnya. Beberapa penginapan dan hotel disekitar Gili Trawangan juga sudah mulai mempersiapkan momen tahun baru untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Tahun baru merupakan momen perayaan yang tidak terlupakan oleh sebagian orang, namun hendaknya perayaannya tidak menimbulkan sesuatu yang merugikan orang lain. Selamat Natal dan Tahun Baru 2010. (pul)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.