IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Warga Baduy Datangi Pendopo Gubernur Banten

Serang (ANTARA News) – Ratusan warga Baduy Luar berdatangan ke pendopo gubernur Banten untuk mengikuti acara “Seba Baduy” yang akan digelar di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Senin.

Ratusan warga baduy luar yang mengenakan pakaian serba hitam tersebut tiba di pendopo gubernur Banten sekitar pukul 06.00 WIB menggunakan puluhan kendaraan dari Kantor Bupati Lebak.

Warga Baduy tersebut pada Minggu (18/4) malam telah mengadakan acara yang sama di Kantor Bupati Lebak di Rangkasbitung.

“Malam tadi kami sudah seba di Bupati Lebak, malam ini di kantor Ibu Gede,” kata Samin (40) salah seorang warga Baduy asal Kampung Cipiit Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Lebak. Ibu Gede adalah sebutan warga Baduy bagi Gubernur Banten, Ny. Ratu Atut C.

Ia mengatakan, rombongan warga Baduy Luar itu kurang lebih sebanyak 645 orang, warga berangkat dari kantor bupati Lebak diangkut dengan menggunakan sekitar 24 kendaraan truk menuju kantor gubernur Banten.

Menurut Samin, sedangkan sebanyak 24 orang warga suku Baduy Dalam, masih di perjalanan dari Lebak menuju Kota Serang. Sebab, warga Baduy dalam berangkat dari kampungnya tidak menggunakan kendaraan tetapi berjalan kaki, begitu juga berangkat dari Lebak sekitar pada Senin (19/4) sekitar pukul 04.00 WIB menuju Kota Serang.

Samin mengatakan, ia datang ke kantor gubernur Banten membawa berbagai hasil bumi seperti pisang, padi, buah-buahan serta tanaman lainnya untuk dipersembahkan kepada Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

“Malam tadi kami juga nonton layar tancap di kantor Bupati Lebak,” kata Samin.

Sementara itu, ratusan warga Baduy Luar yang sudah tiba di Pendopo Gubernur Banten tersebut, nampak duduk-duduk di halaman Kantor gubernur Banten, sebagian lainnya berjalan-jalan menikmati suasana Kota Serang sambil membeli berbagai jajanan di pinggir jalan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Banten Nandi Mulya mengatakan, acara tahunan Seba Baduy tersebut rencananya akan dilangsungkan pada Senin (19/4) sekitar pukul 19.00 WIB.

Kedatangan warga Baduy yang bertujuan mempersembahkan berbagai hasil bumi dan berdialog dengan pemerintah itu rencananya akan diterima Wakil Gubernur Banten HM Masduki.

Sebab Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah sedang mengikuti rapat kerja nasional bersama presiden dan para menteri serta gubernur seluruh Indonesia di Istana Tampak Siring Bali.

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 13 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.