IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Upacara Serah Terima Api Obor SEA Games XXVI Tahun 2011 di Kota Palembang

Foto bersama dengan obor SEA Games.

IndonesiaBicara-Palembang, (07/11/11). Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menerima api obor SEA Games XXVI di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin (07/11). Selanjutnya obor tersebut akan mengelilingi 15 Kabupaten/Kota di Sumsel dan kembali ke Palembang 11 November mendatang.

Sebelum tiba di Palembang, api obor tersebut dibawa juara dunia bulu tangkis tahun 1983, Icuk Sugiarto dari Jakarta 5 November melalui jalur laut menggunakan Kapal Laut Tunas Wisesa 03. Setibanya di Palembang, Icuk Sugiarto menyerahkan kepada Ketua Inasoc Pusat Rahmat Gobel, kemudian diberikan kepada Gubernur Sumse H Alex Noerdin.

Selanjutnya, Gubernur Sumsel menyerahkan kepada Ketua Inasoc Sumsel Mudai Madang sebelum diserahkan kepada Wakil Walikota Palembang Romi Herton. Dari Wakil Walikota diserahkan kepada torch ambassador api obor SEA Games kepada mantan atlet nasional cabang pencak silat yang pernah menjuarai lima kali pencak silat SEA Games berturut-turut (1993-2001), Abas Akbar.

Pada saat penyerahan api obor yang berasal dari Merapen Jawa Tengah tersebut, ratusan pelajar dan masyarakat antusias menyambut kedatangan obor dengan mengibarkan bendera merah putih meski terik pagi mulai terasa. Tidak ketinggalan juga penyambutan disemarakkan dengan Tarian Prajurit Obor Sriwijaya. Suasana semakin ramai ketika duta obor SEA Games Icuk Sugiarto membawa api obor turun dari kapal yang telah mengarungi laut dan Sungai Musi selama 30 jam.

Setelah dilepas Gubernur, Abas Akbar didampingi 36 pemuda-pemudi Sumsel memulai perjalanannya mengelilingi 15 kabupaten/kota yang diawali menuju Bundaran Air Mancur (BAM) Palembang dan bergerak ke Banyuasin menggunakan kendaraan.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin usai pelepasan api obor mengungkapkan, api obor tersebut akan mengelilingi seluruh kabupaten/kota di Sumsel. Namun, karena mepetnya waktu sebelum pelaksanaan pembukaan SEA Games 11 November mendatang, hanya beberapa Kabupaten/Kota saja yang akan disinggahi oleh tim pembawa obor, seperti Palembang, Lahat, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir

”Mungkin hanya beberapa kabupaten dan kota saja yang disinggahi, tapi seluruhnya akan dilintasi atau dilewati. Karena waktunya sudah mepet sebelum acara pembukaan,” ujar Gubernur.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan, tujuan mengelilingi api obor ke seluruh kabupaten/kota semata-mata untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Sumsel SEA Games melalui api obor tersebut. ”Karena tuan rumah SEA Games ini bukan Palembang saja, melainkan Sumsel secara umum, masyarakat Sumsel harus tahu juga,” ungkap Gubernur.

Sementara itu, Ketua Inasoc Pusat, Rahmat Gobel menambahkan, api obor SEA Games yang dibawa melalui jalur perairan tersebut mengandung makna mendalam. Gagasan tersebut untuk membangkitkan semangat kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang pada masanya mampu menguasai sebagian besar wilayah darat dan laut Asia.

“Kejayaan itu yang menjadi spirit kami. Kita ingin dapat kembali menguasai Asia melalui olahraga,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Sungai Musi adalah ikon dan kebanggaan masyarakat Sumsel dan patut digunakan sebagai jalur utama untuk membawa api obor SEA Games ke Sumsel.

”Sungai Musi adalah kebanggaan orang Sumsel seluruhnya, tentu ikon ini sangat tepat digunakan membawa api obor SEA Games ini, makanya kita sengaja menggunakan jalur laut dan Sungai Musi dibanding jalur darat maupun udara (Anto/Iir)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 2 + 12 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.