IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

UNDIP Jadi KORPUS Forum Lembaga Legislasi Mahasiswa Indonesia

Suasana Kongres Forum Lembaga Legislasi Mahasiswa Indonesia di Mataram, (30/10).

IndonesiaBicara-Mataram, (30/10/11). Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) yang terdiri atas persatuan mahasiswa yang bergerak di bidang legislatif seluruh Indonesia, telah berhasil menyelenggarakan acara pemilihan koordinator pusat yang setahun ke depannya akan mengemban sebagai koordinator pusat lembaga legislatif se-Indonesia.

Acara ini dilangsungkan di Mataram dengan tuan rumah yang berasal dari Dewan Mahasiswa Universitas Negeri Mataram ini dirangkaikan dengan acara Studium General dan Kongres FL2MI dengan tema “Optimalisasi Lembaga Legislatif Mahasiswa Melalui Cara Laksanakan Sumpah Pemuda Dengan Kontribusi Nyata Pada Bangsa”.

Kongres yang berlangsung dari tanggal 27-30 Oktober dihadiri oleh 52 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Kongres yang berlangsung di Mataram ini mengharapkan mampu mengemban amanat untuk mewujudkan terciptanya integritas mahasiswa Indonesia, bukan hanya demi anggotanya tetapi juga untuk bangsa.

Pengembangan kemahasiswaan tidak terlepas dari keterkaitan beberapa komponen yang terdiri atas sumberdaya manusia, sarana program, kelembagaan serta pelaksanaannya yang harus disesuaikan dengan kondisi kemahasiswaannya dengan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Lembaga legislatif mahasiswa sebagai bagian dari pergerakan mahasiswa, mempunyai cara tersendiri dalam melatih visi tersebut pada para pemimpin masa depan negeri ini. Fungsi-fungsi luhur legislatif setidaknya mampu membentuk jati diri pemuda kita untuk menjadi pemimpin masa depan. Fungsi legal drafting,  fungsi budgeting, dan fungsi monitoring, merupakan sebuah bekal yang cukup lengkap jika diimplementasikan secara murni dan konsekuen.

Acara ini pun menghasilkan rekomendasi dari mahasiswa tentang kebijakan pemerintah diantaranya, perlindungan terhadap TKI yang ada diluar negeri, ketahanan pangan, batas negara Indonesia serta memperkuat tali silaturahmi dan kerja sama antar lembaga legislatif mahasiswa se-Indonesia, tegas M Dinul Haq selaku Korpus I FL2MI terpilih dari Universitas Diponegoro.

Selain itu juga terpilih sebagai Korpus II Badan Legislatif yang berasal dari IAIN Sunan Ampel dan Korpus III yang berasal dari UNJA.

Di periode ini, UNDIP-lah yang akhirnya mendapatkan kepercayaan yang  menjadi koordinator dan garda terdepan sebagai koordinator pusat yang diketuai oleh M Dinul Haq, mahasiswa Teknik Geologi Undip 2007, yang juga telah aktif selama dua tahun lebih di Lembaga Legislatif di Universitas Diponegoro, maupun FL2MI.

M Dinul Haq berharap, amanah yang diemban dapat membawa perubahan bagi miniatur legislatif di Indonesia. Dirinya juga masih harus banyak mempelajari lebih panjang lagi tentang tata sistem dan dunia legislatif agar dapat diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dan Indonesia tercinta, pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 3 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.