IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

UIN Syarif Hidayatullah Anugerahi Penghargaan FISIP Kepada Tiga Tokoh Nasional

IndonesiaBicara-Tangerang Selatan, (14/12/09). Bertempat di Auditorium Utama kampus UIN Syarif Hidayatullah Ciputat Tangerang Selatan berlangsung penyerahan Penghargaan FISIP 2009 kepada (alm) Prof. Dr. Harun Nasution, (alm) Prof. Dr. Nurcholis Madjid dan Fachry Ali, MA, Senin (14/12). Penghargaan FISIP 2009 diberikan karena kontribusi dan sumbangan ketiga tokoh tersebut sangatlah besar didalam perkembangan pemikiran Islam dan modernisasi.

Menurut Dekan FISIP UIN Syarif HIdayatullah Bachtiar Efendy ketiga tokoh tersebut bisa memanfaatkan perangkat baru yang berupa pendekatan ilmu-ilmu sosial didalam mendekati masalah-masalah keagamaan. “Mereka tidak semata-mata mendasarkan pendekatan klasik yang bertumpu kepada teks-teks kitab suci untuk menjelaskan dan menilai sebuah peristiwa keagamaan, sosial budaya dan politik,” ujar Bachtiar.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Agama Surya Dharma Ali kepada tokoh dan perwakilan keluarganya. Dalam Sambutannya Menteri Agama mengungkapkan bahwa dalam perspektif ketokohan, ketiga orang yaitu, Prof. Dr. Harun Nasution, Prof. Dr. Nurcholis Madjid, Fachry Ali, MA telah mewakili tiga generasi pembentuk tradisi keilmuan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah yang menandai adanya garis kontinum pemikiran Islam yang sedang berkembang saat ini.

“Dalam tradisi perguruan tinggi, penghargaan atau penganugerahan gelar akademik merupakan hal wajar. Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 memberikan peluang kepada siapapun yang dianggap berjasa dalam bidang ilmu pengetahuan, tekhnologi, kemasyarakatan, keagamaan kebudayaan dan seni,” jelas Menteri yang juga Alumni UIN Syarif Hidayatullah ini. (rintho)

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 8 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.