IndonesiaBicara - Jurnalisme Independen Rakyat Indonesia

Titik Perbatasan Telah Bergeser

IndonesiaBicara-Pontianak, (09/10/11). Dosen Hukum Tata Negara Universitas Tanjungpura Pontianak, Turiman mengatakan titik perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak Malaysia telah bergeser dari aslinya, dengan demikian Propinsi Kalbar dan Indonesia umumnya menjadi pihak yang dirugikan.

Sewaktu saya melakukan penelitian di tahun 2007, yang didanai oleh UNDP, saya mendapatkan peta asli yang menunjukan patok-patok perbatasan, peta tersebut ditandatangani oleh kedua belah pihak, yakni Kerajaan Malaysia dan Pemerintah Indonesia, turut serta menandatangani dari pihak militer Indonesia yakni Mabes ABRI dan militer Malaysia.

Peta asli tersebut tergambar dalam 14 lembar, tertulis jelas titik-titik patok batas antara Provinsi Kalimantan Barat dengan Serawak Malaysia lengkap dengan data lokasi tiap-tiap peta.

Berdasarkan peta asli tersebut bahwa Camar Bulan dan Tanjung Dato, masuk ke dalam wilayah Kalbar, sementara peta yang ada saat ini telah berbeda. Hal ini harus ditindak lanjuti oleh Pemerintah Propinsi Kalbar untuk mengembalikan wilayah kedaulatan NKRI, patok batas harus diselesaikan tanpa kompromi lagi, karena itu sudah jelas perjanjiannya. (wra).

Tinggalkan Balasan

 

 

 

Anda dapat menggunakan penanda HTML berikut

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

What is 4 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
PENTING! Untuk melanjutkan Anda harus menjawab pertanyan di atas.